Kandungan Sayur Kangkung


Sayuran ternyata tidak selamanya sehat. Siapa sangka ada bahaya mengintai dari kandungan sayur kangkung. Sebenarnya kandungan yang berbahaya dari sayur kangkung ini berasal dari lingkungan tempatnya tumbuh.

Kenapa Kangkung Berbahaya?

Berbagai unsur berbahaya di lingkungan akan diserap oleh kangkung. Hal ini terutama terjadi pada kangkung air. Pada dasarnya ada dua jenis kangkung, yaitu kangkung darat dan kangkung air. Keduanya dapat dimanfaatkan sebagai makanan.

Risiko kandungan yang berbahaya lebih tinggi ada pada kangkung air. Sebab kangkung air banyak tumbuh di sungai. Sementara banyak sungai yang tercemar oleh limbah industri dan limbah rumah tangga dari penduduk yang bermukim di sekitarnya. Limbah buangan biasanya mengandung unsur logam, seperti Ag, Cu, dan Mn, serta ada banyak kandungan lain yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Jika unsur dari limbah-limbah tersebut diserap oleh kangkung air, maka kandungan berbahaya tersebut pun ada pada kangkung air dan tak dapat dihilangkan walau diproses seperti apa pun. Kandungan kangkung air yang berbahaya tidak dapat diatasi dengan sekedar mencuci atau memasaknya karena pemanasan atau memasak hanya mematikan kuman, sedangkan kandungan berbahaya tersebut merupakan zat kimia berbahaya bukan kuman.

Nah, tentunya kita tidak mau ambil resiko memasukkan zat-zat berbahaya ke dalam tubuh kita dengan mengonsumsi kangkung yang sudah mengandung limbah tersebut. Lalu, bagaimana mengantisipasi agar tak mendapatkan kangkung berbahaya ini?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa jenis kangkung ada dua macam, yaitu kangkung darat dan kangkung air.

Keberadaan kangkung darat yang tumbuh di darat akan mengurangi risiko kandungan limbah berbahaya. Lagipula kangkung darat pun memiliki rasa yang tak kalah lezat dengan kangkung air.

Kanduan Gizi Yang Terdapat Pada Kangkung

Berikut ini adalah kandungan gizi yang terdapat pada 100 gram kangkung.

•    Energi: 29 kilo kalori
•    Protein: 3 gram
•    Lemak: 0,3 gram
•    Karbohidrat: 5,4 gram
•    Kalsium: 73 mili gram
•    Fosfor: 50 mili gram
•    Zat Besi: 3 mili gram
•    Vitamin A: 6300 IU
•    Vitamin B1: 0,07 mili gram
•    Vitamin C: 32 mili gram

Demikianlah kandungan sayur kangkung yang diamati dari 100 gram kangkung. Jadi, jika selektif kita dapat terhindar dari kandungan kangkung yang berbahaya dan memanfaatkan kandungan gizinya.

Selanjutnya : Dongeng Rakyat Sasakala dalam Basa Sunda
Sebelumnya: Dibenua Apa Romawi Berada?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar