Kandungan Sayuran Hijau yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Apakah Anda termasuk orang yang rajin mengonsumsi sayuran hijau? Ada banyak kandungan sayuran hijau yang baik untuk kesehatan tubuh pengonsumsinya. Semua jenis sayuran sebenarnya memiliki kelebihan masing-masing dan baik untuk dikonsumsi kecuali bagi orang –orang tertentu yang memang memiliki alergi terhadap beberapa jenis sayuran, mengidap penyakit yang menyebabkannya tidak boleh mengonsumsi beberapa jenis sayuran tertentu.

Atau pun orang-orang yang memang sangat tidak menyukai sayuran sehingga tidak bisa memakannya walau hanya sedikit. Maka jika Anda termasuk yang tidak memiliki masalah dalam konsumsi sayuran, maka manfaatkanlah dengan rajin mengonsumsinya.

Kandungan Sayuran Hijau

Beberapa kandungan yang terdapat di dalam sayuran hijau yang sangat baik dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya sebagai berikut.

  • Zat hijau daun atau klorofil merupakan pigmen yang memberi warna hijau pada sayuran hijau. Klorofil pada sayuran hijau bisa bermanfaat sebagai perangsang pembentukan sel darah merah pada penderita anemia.
  • Vitamin yang terdapat di dalam sayuran hijau, diantaranya vitamin A, vitamin C, vitamin K. Berbagai jenis vitamin ini memberikan banyak kebutuhan tubuh akan manfaatnya, misalnya vitamin K pada sayuran hijau memiliki fungsi untuk membentuk tulang, mempercepat pembekuan pada darah, dan menjadi pencegah terbentuknya batu ginjal.
  • Antioksidan merupakan zat penting untuk menjagan tubuh dari serangan radikal bebas.
  • Magnesium merupakan salah satu jenis mineral yang memiliki fungsi penting dalam pengaktifan enzim yang memiiki tugas untuk metabolisme glukosa di dalam tubuh ini dimiliki oleh sayuran hijau dan kandungan magnesium tertinggi ada di dalam bayam.
  • Zat besi juga merupakan salah satu kandungan penting yang terdapat di dalam sayuran hijau yang memiliki fungsi dalam metabolisme energi, membentuk haemoglobin, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia.
  • Lutein adalah sejenis karotenoid di dalam sayuran hijau. Lutein memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan mata.

Berbagai kandungan sayuran hijau yang kaya manfaat untuk kesehatan tubuh tersebut jangan hanya diketahui setelah dibaca saja, tetapi juga mulai dikonsumsi untuk keperluan sayur sehari-hari. Menjaga kesehatan tubuh sedari muda dengan mulai rajin mengonsumsi sayuran hijau akan berdampak baik untuk kesehatan masa depan seseorang.

Loading...
Selanjutnya : Khasiat Daun Pohon Beringin
Sebelumnya: Berlian Sumber Konflik yang terjadi di Botswana
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar