Kandungan Susu Kedelai

Kandungan susu kedelai sangat kaya dan memberikan banyak manfaat untuk ketahanan tubuh manusia. Susu Kedelai adalah susu yang sering kita minum yang dihasilkan dari buah kacang kedelai dengan rasa yang tidak kalah enak dengan susu sapi, mungkin yang membedakannya ialah khasiatnya kalah dari susu sapi biasa.

Apa itu Susu Kedelai?

Loading...

Susu kedelai atau sari kedelai adalah minuman yang berasal dari perasan kacang kedelai. Karena berwarna putih seperti susu inilah maka minuman ini disebut susu kedelai. Tentunya minuman ini bukan termasuk kategori susu karena tidak berasal dari hewan mamalia. Walaupun begitu, komposisi yang dimiliki hampir sama dengan susu, yaitu 3,5% protein, 2% lemak, serta 2,9% karbohidrat. Beberapa Manfaat tersebut adalah: Pertama, Sebagai antioksidan. Susu kedelai bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh dengan memperbaiki sel dan mencegah kerusakan sel seperti yang disebabkan oleh polusi dan paparan sinar matahari. Kedua, Mengurangi resiko penyakit jantung. Konsumsi susu kedelai selama 9 minggu menyebabkan penurunan 5% kolesterol LDL serta kemungkinan penurunan pembekuan darah. Hal inilah yang kemudian akan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Ketiga, Mencegah kanker. Keempat, Membalikkan efek endometriosis. Susu kedelai membantu menunda aksi estrogen alami dengan mengurangi atau mencegah rasa sakit selama periode menstruasi dan gejala lainnya pada wanita. Kelima, Mengatasi gejala menopause. Susu kedelai juga dapat membantu mengurangi rasa panas pada badan pada wanita menopause.

Kandungan dari susu kedelai

Menurut beberapa penelitian, kandungan susu kedelai bahkan melebihi kandungan susu sapi. Beberapa kandungan gizi dalam susu kedelai yang sangat bermanfaat bagi tubuh yaitu beberapa diantaranya:

1.    Lemak nabati, karbohidrat dan serat
Lemak nabati adalah jenis lemak yang baik bagi tubuh, karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi, dan serat dapat membantu sistem pencernaan.
2.    Vitamin A, vitamin B, dan vitamin E
Vitamin A yang berasa dari karoten berfungsi untuk kelancaran organ penglihatan dan pertumbuhan tulang. Vitamin B di sini khususnya B1 dan B2. Vitamin B1 (tianin) bermanfaat dalam reaksi tubuh yang menghasilkan energi. Vitamin B2 memiliki manfaat seperti yang terdapat dalam susu sapi maupun susu manusia. Vitamin E melancarkan proses reproduksi dan menstruasi, mencegah impotensi, keguguran dan penyakit jantung, serta meningkatkan produksi air susu dan sebagai antioksidan.
3.    Mineral
Mineral berfungsi untuk memperkuat struktur tulang, gigi dan kuku serta menambah daya tahan tubuh.

Begitu banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari kandungan susu kedelai. Sehingga tidak ada salah sesekali mencoba susu kedelai sebagai alternatif asupan gizi Anda dan keluarga.

Loading...
Selanjutnya : Tempat Penjualan Mobil Bekas di Bandung
Sebelumnya: Urutan Penyakit Mematikan di Dunia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar