Mengetahui Kandungan Vitamin dalam Kentang


Hal penting yang perlu diketahui mengenai umbi-umbian satu ini adalah kandungan vitamin dalam kentang yang cukup tinggi. Sebagian orang mungkin hanya berpikir bahwa kentang hanya mengandung karbohidrat saja, padahal kandungan vitamin di dalamnya cukup tinggi.

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang umum dijumpai di Indonesia. Tetapi kentang sebenarnya lebih banyak dijadikan masakan lauk sebagai teman nasi misalnya sambal goreng kentang, perkedel, campuran sup, isian lumpia, dan masih banyak lagi. Padahal sebenarnya kentang juga bisa menjadi pengganti karbohidrat di dalam nasi.

Kandungan Kentang

Kandungan zat-zat lainnya dalam kentang yang juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa vitamin yang terdapat di dalam kentang di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Vitamin C

Di dalam 100 gram kentang terdapat vitamin C sebanyak 20 mg atau setara dengan 33% kandungan dari keseluruhan kandungan zat dalam kentang. Tingginya vitamin C di dalam kentang tentunya akan membuat kebutuhan akan vitamin dalam tubuh sebagian bisa terpenuhi dari kentang.

Vitamin C memiliki banyak manfaat di antaranya menjaga daya tahan tubuh, menjaga kesehatan kulit, menjaga kesehatan mulut dan gigi, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, mengonsumsi kentang tidak saja memenuhi kebutuhan karbohidrat dan energi saja,tetapi juga pemenuhan kebutuhan vitamin C.

2. Vitamin B

Ada beberapa jenis vitamin B yang terkandung di dalam kentang di antaranya vitamin B1, B2, B3, dan B6. Dalam setiap 100 gram kentang terdapat 0,06 mg B1, 1,1 mg B3, 0,03 mg B2, dan 0,25 mg B6. Setiap jenis vitamin B tersebut memiliki fungsi yang sangat bermanfaat untuk tubuh manusia. Pemenuhan kebutuhan beberapa jenis vitamin B sebagian bisa dipenuhi dengan konsumsi kentang yang teratur.

Kentang dengan kandungan vitamin B dan C tentunya akan sangat membantu pemenuhan kebutuhan kedua jenis vitamin tersebut di dalam tubuh. Sekali-kali, kita bisa mengganti asupan nasi dengan kentang sebagai pemenuhan kebutuhan karbohidrat.

Tidak perlu mengganti total, cukup menggantinya setiap beberapa kali dalam satu minggu sehingga ketergantungan akan nasi sedikit demi sedikit akan berkurang. Jadi ada kombinasi sumber karbohidrat setiap minggunya.

Pembahasan mengenai kandungan vitamin dalam kentang ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan kegemaran dalam mengonsumsi kentang.

Selanjutnya : Rumah Totok Langsing - Alternatif Tampil Seksi
Sebelumnya: Arti Mimpi Leher Digigit Ular
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar