Kandungan Vitamin pada Sawi Hijau

Kandungan vitamin pada sawi hijau tergolong cukup banyak. Berikut adalah kandungan vitamin pada sayuran sawi hijau dan manfaatnya.

Kandungan Vitamin K, A, C, Kalsium, dan Mangan

Untuk mencegah osteoposrosi,kandungan yang terdapat pada sayuran sawi yang utama adalah vitamin K, A, C, E, juga kalsium. Vitamin K sangat berguna untuk membantu proses pembekuan darah, sehingga sering disebut sebagi vitamin koagulasi. Vitamin K bermanfaat untuk mencegah beberapa penyakit serius, seperti penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, sawi juga mempunyai kandungan kalsium yang berguna untuk mencegah osteoporosis pada tulang. Sawi juga mengandung mangan. Sawi mengandung kadar mineral mangan yang tinggi. Mineral mangan dibutuhkan untuk proses metabolisme tubuh. Kandungan sawi yang lain adalah senyawa triptotan yang berguna sebagai protein utama penghubung antarsaraf dan juga senyawa yang digunakan untuk mengatur pola kebiasaan-kebiasaan tubuh.

Kandungan Vitamin B6, E, dan Asam Folat

Kandungan vitamin pada sayuran sawi juga bisa mencegah tulang menjadi keropos. Kandungan asam folat dan vitamin B6 pada sawi berguna untuk mencegah homosistein. Homosistein adalah terbentuknya ikatan silang pada jaringan kolagen, sehingga tulang menjadi lebih mudah keropos. Kombinasi dua zat ini mengurangi produksi homosistein yang menyebabkan pengeroposan tulang.

Selain itu, kandungan pada sawi yang lain adalah vitamin E yang berguna untuk mencegah penuaan dini. Vitamin E sangat bagus untuk kesehatan kulit dan bagus dalam meremajakan kulit.

Kandungan Serat, Kaya Mineral

Kandungan vitamin pada sayuran sawi memiliki keunggulan lain, yaitu dalam kandungan serat pangan. Serat dalam sawi digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh. Serat membantu dalam pencernaan, yaitu dengan mengikat asam empedu yang kemudian akan dikeluarkan bersama tinja saat ekresi.

Dengan konsumsi sawi yang terbukti mengandung serat, maka dalam proses pencernaan makanan akan semakin banyak asam empedu dan lemak yang diikat dan dikeluarkanbersama ekskresi. Hal ini sangat berguna untuk mengurangi jumlah kolesterol yang berada dalam tubuh yang disebabkan oleh asam empedu. Selain itu, kandungan vitamin pada sayuran sawi, terutama serat, akan mencegah timbulnya kanker kolon yang biasa ditemukan pada usus.

Kandungan Senyawa Fitokimia

Sawi ternyata mengandung senyawa fitokimia yang terbukti bagus untuk mencegah kanker. Kandungan adalah glukosinolat yang bagus dalam mencegah kanker menjadikan kandungan vitamin pada sawi semakin lengkap. Semoga uraian tersebut bermanfaat.

Selanjutnya : Mengenal Lebih Lanjut DNS dan Arsitekturnya
Sebelumnya: Dampak Nikah Diatas 30 Tahun Bagi Wanita
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...