Merasakan Kandungan yang Terdapat dalam Tomat

Bagi penggemar tomat, Anda tentu termasuk orang yang sudah menjadi salah satu penerima manfaat besar dari si merah bulat agak lonjong ini. Kandungan yang terdapat dalam tomat ternyata sangat banyak dan kaya akan manfaat.

Tomat sebenarnya terdiri dari beberapa jenis mulai dari tomat berukuran besar, sedang, sampai kecil, juga tomat sayur, tomat untuk dikonsumsi secara langsung, dan masih banyak lagi. Rasanya yang segar serta kandungan air yang cukup tinggi dalam tomat akan membuat orang yang mengonsumsinya merasakan kesegaran dan bisa mengobati rasa haus.

Loading...

Kandungan Tomat

Beberapa kandungan di dalam tomat yang sangat berguna bagi tubuh di antaranya sebagai berikut.

1. Vitamin

Tomat kaya akan vitamin di antaranya vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E. Masing masing vitamin tersebut memiliki fungsi yang penting di dalam tubuh manusia khususnya yang mengonsumsi tomat. Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, vitamin B dapat membantu menekan tekanan darah dan mengatur kolesterol sehingga bisa mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke, vitamin C dan E bisa berperan dalam menjaga kesehatan kulit, gigi dan mulut.

2. Antioksidan

Antioksidan yang terkandung di dalam tomat adalah Lycopene yang merupakan salah satu antioksidan yang kuat. Lycopene bisa menangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga seseorang bisa terhindar dari serangan penyakit kanker. Konsumsi tomat yang teratur setiap harinya membuat tubuh mendapatkan antioksidan yang cukup untuk menangkal setiap radikal bebas yang masuk.

3. Vitamin K, Kalsium, Beta Karoten, Mineral, Kalium, dan Lutein.

Vitamin K dan kalsium di dalam tomat membantu menjaga kesehatan tulang. Mineral jenis tertentu dalam tomat bisa menjaga kadar gula darah bagi penderita diabetes, dan kalium bersama dengan vitamin B membantu dalam pencegahan serangan jantung dan stroke.

Setelah mengetahui berbagai kandungan yang terdapat dalam tomat serta manfaatnya yang luar biasa, tidak ada salahnya jika mulai sekarang Anda memasukkan tomat ke dalam menu makan sehat keluarga Anda. Pemenuhan asupan tomat yang baik bagi kesehatan keluarga merupakan salah satu bentuk rasa cinta Anda pada kesehatan diri sendiri dan keluarga.

Loading...
Selanjutnya : Tips Pembuatan Film Amatir
Sebelumnya: Ikan Lemuru Untuk Ibu Hamil
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar