Kandungan yang Terdapat di Buah Tomat


Mengonsumsi buah-buahan sangat baik untuk kesehatan. Kandungan gizi dalam buah bisa memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh, termasuk dengan kandungan yang terdapat di buah tomat.

Buah tomat memiliki kandungan zat gizi yang cukup lengkap. Dalam sebuah tomat terdiri atas 5 sampai 10 persen berat kering serta 1 persennya kulit dan biji. Bila buah tomat tersebut dikeringkan, kira-kira 50% dari berat keringnya tadi terdiri atas zat gula pereduksi yang berupa glukosa dan fruktosa, asam organik, pigmen, vitamin lipid dan tidak ketinggalan mineral.

Buah tomat ini tergolong sebagai buah penghasil vitamin C yang sangat baik, bahkan excellent. Mengapa? Karena setiap 100 gram buah tomat bisa memenuhi sekitar 20%, bahkan lebih kebutuhan harian vitamin C untuk tubuh.

Vitamin C dalam buah tomat ini bisa digunakan untuk memelihara kesehatan gusi, mencegah terjadinya scurvy, terhindar dari perdarahan pada pembuluh darah, serta mempercepat proses penyembuhan luka.

Selain sebagai sumber vitamin C yang tinggi, buah tomat juga sebagai sumber vitamin A yang sangat baik. Jadi, bukan hanya wortel saja yang kaya akan vtamin A, tomat pun demikian.

Mengapa kaya akan vitamin A? Karena setiap 100 gram buah tomat ini bisa menyuplai sekitar 10% sampai 20% kebutuhan harian vitamin A. Vitamin A dalam buah tomat ini baik untuk kesehatan mata, pertumbuhan, reproduksi, serta sistem kekebalan tubuh.

Vitamin A dan C yang terkadung dalam buah tomat tersebut, selain digunakan untuk kesehatan tubuh, juga berkhasiat sebagai pasokan antioksidan bagi tubuh. Antioksidan merupakan zat yang bisa menangkis radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker.

Bila dibuat dalam bentuk sari buah, sari buah tomat ini mengandung vitamin dan mineral yang sangat lengkap. Artinya, dalam 100 gram jus sari buah tomat bisa menghasilkan 7 mg kalsium, 15 mg fosfor, 0,9 mg zat besi, 230 mg natrium, serta 230 mg kalium, sedangkan vitamin yang terkandung dalam sari buah tomat ini terdiri atas vitamin A sebanyak 1050 IU, vitamin C 16 mg, vitamin B1 0,05 mg, serta vitamin B2 sebanyak 0,03 mg.

Melihat banyaknya kandungan gizi yang ada dalam buah tomat membuat kita tidak perlu ragu lagi akan khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Kandungan yang terdapat di buah tomat ini bisa dijadikan terapi untuk hidup sehat.

Semoga artikel singkat tentang Kandungan yang Terdapat di Buah Tomat ini bermanfaat untuk Anda.

Selanjutnya : Mesin Pencetak Ukuran Diameter Bakso
Sebelumnya: Cara Mengelola Peternakan Sapi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar