Kandungan yang Terdapat pada Bayam Merah


Siapa yang tidak mengenal bayam, sayuran populer ini memiliki jabatan tertinggi dalam dunia sayuran, dikarenakan kekayaan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Bayam biasa dijuluki sebagai raja dari segala sayuran. Terlebih, bayam memiliki banyak macam. Bayam merah salah satunya. Kandungan yang terdapat pada bayam merah sangat sedap dinikmati dan baik untuk tubuh kita.

Nutrisi Bayam Merah

Bayam merupakan jenis dari tanaman yang biasanya digunakan sebagai bahan santapan sebagai sayuran yang memenuhi nutrisi tubuh. Bayam yang biasa kita konsumsi ini memilliki nama ilmiah Amaranthus tricolor dengan famili Amaranthaceae. Salah satu jenis bayam yang menarik dengan warnanya yang cantik adalah bayam merah. Bayam merah tidak terlalu populer di kalangan masyarakat. Namun sesungguhnya, bayam yang memiliki warna merah ini memiliki nutrisi yang lebih banyak dibandingkan dengan bayam hijau.

Bayam merah memiliki kandungan seperti vitamin A yang berguna untuk kesehatan mata, vitamin B1, B2, B3 (niasin), dan vitamin C. Pada bayam merah juga mengandung beberapa mineral, seperti halnya zat besi, kalsium, mangan, dan fosfor. Mineral-mineral tersebut memiliki peran masing-masing dalam tubuh.

Zat besi yang berfungsi untuk transportasi oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh. Kalsium untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Mangan untuk antioksidan, metabolisme dan penyembuhan luka. Sementara peran fosfor dalam tubuh juga sangat penting, yaitu sumber energi metabolisme lemak dan karbohidrat juga kesehatan gigi dan gusi. Selain zat-zat tersebut, sayur yang kaya nutrisi ini juga mengandung serat. Serat yang berfungsi membantu melancarkan pencernaan, sehingga dapat menghindarkan kita dari sembelit.

Pada setiap struktur bayam merah terkandung berbagai macam zat penting. Seperti pada daun bayam merah yang mengandung karoten, yaitu salah satu pigmen yang terdapat pada kloroplas. Meskipun berwarna merah, namun bayam merah juga mengandung klorofil. Zat lain yang terkandung dalam daun bayam adalah saponin. Pada batang bayam dapat ditemukan adanya alkaloid, yaitu salah satu golongan senyawa basa pada tumbuhan. Flavonoid juga terkandung dalam batang bayam merah yang terdiri atas beberapa atom karbon yang menyebar, juga terdapat zat kimia polifenol pada bagian batangnya.

Begitu kaya kandungan yang terdapat pada bayam merah. Tidak heran, apabila pelaut “Popeye” percaya bayam mampu memberikan energi yang ekstra. Tunggu apa lagi, silakan mengonsumsi bayam untuk memenuhi nutrisi sehari-hari.

Selanjutnya : Metode Penelitian Dalam Karya Ilmiah
Sebelumnya: Informasi Tanaman Buah Manggis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar