Kandungan Zat dalam Tembakau yang Berbahaya

Tembakau biasanya dikonsumsi dalam bentuk rokok. Rokok dibakar lalu dihisap dan mengeluarkan keluaran berupa asap. Sebenarnya ada beberapa kandungan zat dalam tembakau yang berbahaya bagi tubuh pengonsumsinya. Zat-zat tersebut bisa menumpuk di dalam tubuh, di dalam berbagai oragan dalam tubuh, jaringan, bahkan di dalam aliran darah yang akan menimbulkan penyakit yang bisa mencapai taraf berbahaya. Zat-zat berbahya yang terdapat di dalam tembakau di antaranya sebagai berikut.

1.    Arsenik. Sejenis zat racun yang bersifat kuat. Ternyata arsenik yang berbahaya terkandung di dalam tembakau.

2.    Kadmium. Salah satu jenis zat di dalam tembakau yang bisa menimbulkan penyakit kanker seperti kanker paru-paru dan kanker prostat. Kadmium berasal dari penggunaan pupuk yang biasa digunakan untuk menyuburkan tanaman tembakau.

3.    Polonium. Merupakan zat radioaktif yang terkandung di dalam pupuk untuk menyuburkan tanaman tembakau. Zat ini diserap oleh akar tembakau dan menjadi salah satu zat yang terkandung di dalam tembakau. Tentu saja keberadaan polonium ini sangat berbahaya bagi tubuh.

4.    Timbal. Ternyata rokok juga mengandung timbal. Timbal merupakan zat berbahaya yang mampu menyebar dengan cepat di dalam pembuluh darah setelah seseorang menghisap rokok. Timbal sangat berbahaya karena dapat menyerang sistem saraf dan beberapa jaringan lainnya serta membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap penyakit karena sistem kekebalan tubuh sudah dilemahkan oleh zat ini.

Sebenarnya masih terdapat beberapa zat berbahaya lainnya di dalam tembakau yang berbahaya bagi kesehatan pengonsumsinya. Zat-zat seperti yang sudah diuraikan di atas sebenarnya tidak boleh sampai masuk dan menyebar di dalam jaringan tubuh kita. Zat-zat merugikan tersebut hanya akan membuat daya tahan tubuh manusia terus menurun, lebih rentan terhadap penyakit, memicu tumbuhnya sel kanker, dan terutama mengancam hidup seseorang.

Mulai sekarang sebaiknya setiap orang lebih waspada dan hindari merokok. Apabila sudah telanjur menjadi perokok, cobalah untuk berhenti walau itu sulit. Perlahan-lahan tetapi pasti. Hal tersebut demi kebaikan dan kesehatan diri sendiri. Kandungan zat dalam tembakau yang berbahaya tidak bisa dianggap bukan apa-apa karena zat-zat tersebut sangat berbahaya dan merugikan tubuh.

Loading...
Selanjutnya : Contoh Proposal Kegiatan Sekolah Sederhana
Sebelumnya: Contoh Proposal Workshop Komunikasi Suami Istri
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar