Tentang Kanker Payudara


Setiap orang khususnya perempuan perlu mengetahui segala sesuatu tentang kanker payudara. Kanker yang menyerang payudara merupakan sebuah jenis kanker yang sudah pasti banyak menyerang perempuan, walau ada beberapa laki-laki yang terkena kanker ini, tetapi perempuan memiliki risiko jauh lebih banyak terkena kanker jenis ini.

Hal-hal yang perlu diketahui pelh perempuan mulai dari gejala sampai pencegahan. Gejala-gejala kanker yang menyerang payudara diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Terjadi perubahan bentuk serta ukuran dari payudara.
  2. Terdapat kerutan pada bagian kulit payudara.
  3. Muncul benjolan di bagian payudara, benjolan tersebut bisa diraba.
  4. Terdapat luka di sekitar puting yang tidak bia sembuh dengan cepat.
  5. Keluar cairan mulai dari darah sampai nanah yang berwarna kuning sampai pada warna kehijauan dari puting.
  6. Terjadi perubahan pada bagian puting disertai rasa gatal, rasa terbakal, dan puting tertarik ke dalam.
  7. ila kanker sudah dalam keadaan parah, akan terasa nyeri pada bagian lengan, berat badan menjadi turun, dan adanya pembengkakan pada bagian lengan.

Lebih bagus untuk mencegah daripada mengobati. Oleh karena itu, berikut ini beberapa cara untuk mencegah agar tidak terkena kanker yaitu sebagai berikut.

  1. Rajin berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga payudara.
  2. Melakukan pemeriksaan sendiri setelah masa menstruasi berakhir biasanya setelah 5 sampai 7 hari menstruasi berakhir.
  3. Bagi yang sudah memiliki bayi, usahakan menyusui bayi sampai usia bayi 2 tahun.
  4. Kurangi atau bahkan hindari makanan-makanan berlemak.
  5. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang baik untuk kesehatan dan juga makanan yang banyak mengandung protein seperti kacang kedelai juga makanan olahan dari kedelai seperti tahu dan tempe.
  6. Melakukan pemeriksaan secara klinis ke dokter agar bisa mengetahui secara pasti apakah mengidap kanker tersebut atau tidak.

Waspada merupakan bagian penting agar setiap perempuan tidak terkena serangan kanker ganas ini. Seperti berusaha melakukan pencegahan-pencegahan seperti yang sudah disebutkan dan segera memeriksakan diri ke dokter bila gejala-gejala kanker tersebut terasa. Uraian mengenai kanker payudara ini diharapkan bisa menambah pengetahuan serta membuat setiap perempuan bisa lebih waspda terhadap penyakit ganas satu ini.

Selanjutnya : Beberapa Obat Batuk Kering Bandel yang Sangat Manjur
Sebelumnya: Akreditasi Rumah Sakit Dr Soetomo Surabaya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar