Kapan Doa yang Kita Ucapkan Istikharah

Tahukah Anda kapan doa yang kita ucapkan istikharah? Shalat Istikharah adalah shalat sunah dua rakaat untuk memohon petunjuk Allah SWT ketika dihadapkan dengan dua pilihan. Namun pilihan tersebut belum diketahui mana yang baik dan mana yang buruk.  Seringkali orang yang dilanda kegalauan disarankan untuk menjalani sholat Istikharah agar mendapatkan ketenangan hati.

Dalam bahasa arab, Istikharah artinya minta dipilihkan. Ketika kita meminta pertimbangan kepada seorang kawan untuk memilih pakaian bisa disebut perbuatan istikharah.

Biasanya seseorang menjalani Istikharah ketika tidak dapat memecahkan masalah yang belum bisa danpecahka. Maka dia meminta kepada Allah SWT untuk membantu menyelesaikan permasalahannya. Cara yang dilakukan adalah melakukan shalat dua rakaat.

Shalat Istikharah Mantapkan Pilihan

Akan tetapi Shalat Istikharah tidak harus dikerjakan ketika manusia dihadapkan oleh persoalan yang meragukan. Rasulullah mengajarkan shalat istikharah dalam setiap perkara atau urusan.

Selain itu Rasululah juga mengajarkan bahwa Shalat Istikharah bisa juga dikerjakan untuk memantapkan hati pada suatu keputusan. Misalnya ketika seorang perempuan yang sudah mantap dengan lelaki pilihannya. Sebelum melangsungkan penikahan dia memohon ridho Allah SWT untuk mempermudah jalannya.

Apabila perkara tersebut tidak baik,  maka yang datang bukan kemudahan melainkan penghalang. Artinya dia tiak bisa melaksanakan urusan tersebut.

Hal tersebut sesuai dengan firman Allah pada Surat Albaqarah ayat 216:

kapan doa yang kita ucapkan istikharah

Paduan Doa dan Ikhtiar Wujudkan Impian

Allah memberikan manusia karunia berupa akal dan pikiran yang digunakan untuk menimbang dalam mengambil keputusan. Setelah yakin dengan apa yang menjadi pilihan maka mintalah kepada Allah untuk diberikan kemudahan dan ditunjukkan jalan.

Tidak ada cara syarat khusus untuk menjalankan shlat istikharah. Sama seperti shalat sunah lainnya.  Shalat ini bisa dikerjakan setiap saat setelah shalat fardhu, di waktu dhuha, atau sepertiga malam terakhir. Tidak menjadi masalah shalat Istikharah dilakukan bebarengan dengan sholat sunah lainnya.

Perlu menjadi catatan meski sudah menjalani Istikharah manusia tidak dapat berpangku tangan dengan doa yang telah disampaikannya. Manusia harus berusaha untuk mewujudkan pilihannya. Doa yang dipanjatkan agar kita diberi kekuatan dan tidak salah pilih.

Jawaban Istikharah adalah Keyakinan Hati

Banyak yang mengatakan bahwa jawaban dari shalat istikharah disampaikan melalui mimpi. Namun hal tersebut tidak memiliki dalil yang kuat. Jawaban istikharah berdasar keyakinan hatinya. Bisa juga Allah memberi petunjuk yang sesuai atau berkebalikan dengan yang diharapkan. Sikap tawakal diperlukan ketika memilih.

Loading...
Selanjutnya : Pencegahan Prostat
Sebelumnya: Cara Penanggulangan KDRT
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar