Kapan kita harus berzakat mal

Manusia hanya dititipi harta oleh Allah. Pada setiap titipan tersebut ada hak saudara kita yang lain. Oleh karena itu, Allah mewajibkan umat Islam untuk mengeluarkan zakat harta (zakat mal). Lalu, kapan kita harus berzakat mal?

Orang yang wajib mengeluarkan zakat mal adalah muslim yang merdeka, berakal, dan baligh serta hartanya memenuhi nisab. Nisab merupakan ukuran minimal yang ditetapkan syara atas harta yang wajib dikeluarkan zakatnya.

Loading...

Syarat nisab adalah harta yang dikeluarkan di luar kebutuhan pokok seseorang. Kedua, harta telah mencapai haul (1 tahun). Dikecualikan, zakat pertanian dan buah-buahan yang diambil ketika panen. Harta rikaz (barang temuan) diambil zakatnya saat ditemukan.

Adapun harta yang dikeluarkan zakat mal adalah emas, perak, hewan ternak, hasil pertanian, barang dagangan, dan harta rikaz. Emas memiliki nisab 20 dinar. Kurs 1 dinar adalah 4,25 kg emas. Jadi, nisab 20 dinar adalah 85 gr emas. Nisab ini setara dengan 2,5% atau 1/40nya. Emas yang dizakatkan baik dari jenis emas murni maupun tidak.

Nisab perak sebesar 200 dirham. Setara dengan 595 gram perak. Perhitungannya sama dengan emas yaitu 2,5%. Nisab binatang ternak berbeda berdasarkan jenisnya. Nisab unta sebanyak 5 ekor. Nisab sapi sebanyak 30 ekor. Nisab kambing sebanyak 40 ekor. Ketika mencapai jumlah nisab maka binatang ternak dizakatkan sebanyak satu ekor dan kelipatannya jika jumlahnya bertambah.

Zakat hasil pertanian dilakukan setiap panen dan berkaitan dengan jumlah panen. Jumlah panen yang wajib dikeluarkan zakatnya sebanyak 5 wasaq. Satu wasaq adalah 60 sha’. Sedangkan 60 sha’ setara dengan 2,175 kg atau 3 kg. Maka, 60 sha x 5 wasaq x 3 kg = 900 kg. Untuk tanah pertanian yang diolah tanpa sistem pengairan dan alat, maka dikeluarkan zakatnya sebanyak 10%. Sedangkan jika menggunakan pengairan dan alat maka sebanyak 5%.

Barang dagangan yang dikeluarkan zakatnya setara dengan nisab emas yaitu 2,5%. Harta rikaz dikeluarkan ketika ditemukan tanpa menunggu haul dan syarat nisab. Semoga penjelasan singkat ini memahamkan kita mengenai kapan kita harus berzakat mal.

Loading...
Selanjutnya : Membuat Klise Film Photoshop
Sebelumnya: Beberapa Kemungkinan Sakit di Bagian Perut Kanan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar