Menghitung Kapan Masa Subur Wanita Datang


Untuk Anda yang ingin segera hamil, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui kapan masa subur wanita datang. Tujuannya, keinginan Anda akan segera terwujud. Sebab, ketika sedang subur, seorang wanita akan lebih cepat mendapatkan momongan. Bagaimana cara mengetahuinya?

Cara Mengetahui Masa Subur

Masa subur sangat berperan penting bagi wanita yang ingin segera hamil maupun yang ingin menundanya. Untuk wanita yang ingin segera hamil, waktu inilah yang paling baik dalam melakukan hubungan suami istri karena bisa membuat kehamilan lebih mungkin terjadi.
Sementara itu, untuk yang sedang menunda kehamilan, masa ini sangat dihindari agar wanita tidak hamil. Itulah pentingnya mengetahui masa subur Anda.

Ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk menghitung kapan masa subur wanita datang. Di antaranya:

•    Sistem kalendar

Ada dua cara yang dilakukan jika Anda ingin mengetahui masa subur dalam sistem kalendar ini. Apabila Anda memiliki siklus haid yang teratur, maka masa suburnya akan berlangsung selama 14 hari lebih atau kurang sehari dari haid selanjutnya. Jadi, masa subur adalah hari ke-13 hingga ke-15 sebelum haid berikutnya datang.

Wanita yang siklusnya tidak teratur harus melakukan perhitungan yang berbeda. Anda harus mencatatkan siklus haid Anda sekurang-kurangnya enam siklus. Lalu, pilihlah siklus mana yang harinya paling lama. Kemudian, kurangi 11. Dengan demikian, akan diperolehlah hari subur terakhir.

Untuk siklus yang paling pendek, kurangilah dengan 18 sehingga akan diperoleh hari subur yang pertama. Contohnya, siklus paling panjang adalah 28 hari dan siklus yang paling pendek 24 hari. Cara menghitungnya adalah 28-11=17 dan 24-18=6. ,ˆ kesimpulannya adalah masa subur dimulai dari hari ke-6 hingga ke-17.

•    Menggunakan Alat Penghitung Masa Subur

Dengan menggunakan alat penghitung ini, mengetahui masa subur akan lebih mudah. Caranya, tinggal masukkan tanggal haid yang pertama dan terakhir. Dengan demikian, akan ditemukan kapan masa subur Anda datang. Selain untuk menghitung masa subur, alat ini bisa juga digunakan untuk mencari tahu kapan waktu menstruasi, masa ovulasi, serta konsepsi bayi laki-laki dan perempuan.

Itulah beberapa cara menghitung kapan masa subur wanita datang. Sekarang Anda sudah lebih tenang kan karena sudah tahu cara untuk mengetahui masa subur.

Selanjutnya : Definisi Pemberitahuan Pernikahan
Sebelumnya: Mengurai Bahaya Komik Dewasa Gratis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar