Kapan Terjadinya ISPA dan Apa Gejalanya?

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) merupakan salah satu penyakit menular yang sering terjadi di masyarakat. ISPA termasuk penyakit yang berbahaya, apalagi jika terjadi pada anak-anak dan bayi. ISPA merupakan penyakit kedua setalah pneumonia yang menyebabkan kematian pada bayi dan anak, terutama pada bayi yang berusia di bawah dua bulan.

Sebagaimana namanya, ISPA mengganggu saluran pernapasan mulai dari hidung hingga paru-paru. Jika terdeteksi gejala ISPA, seseorang harus segera berobat dan melakukan perawatan secara intensif. Selain membahayakan orang sekitar karena menular, ISPA pada anak juga dapat mengakibatkan cacat hingga dewasa jika tidak segera diobati. Kapan terjadinya ISPA? Berikut penjelasannya.

Loading...

Penyakit yang ditularkan oleh virus ini menginfeksi saluran napas bagian atas. Biasanya ISPA kerap muncul di musim dingin. Penularannya dapat melaui udara, yaitu udara yang dikeluarkan penderita ISPA kemudian terhirup oleh orang lain yang memiliki sistem imun yang lemah. Risiko lebih tinggi juga dapat menjangkit seseorang yang menderita gizi buruk atau kurang mengonsumsi makanan bergizi. Gejala umum yang biasa muncul pada penderita ISPA adalah sebagai berikut:

  1. Demam tinggi
  2. Batuk yang sulit berhenti
  3. Pilek dan hidung tersumbat
  4. Bersin-bersin yang tak kunjung sembuh
  5. Nyeri tenggorokan, terutama saat menelan
  6. Suara menjadi serak dan parau
  7. Sakit kepala dalam waktu yang lama
  8. Badan pegal-pegal dan terasa nyeri di beberapa anggota badan
  9. Badan terasa lemas, lemah, dan lesu
  10. Napas terasa sesak dan frekuensi napas pun lebih cepat dari biasanya
  11. Napas akan mengeluarkan bunyi karena tenggorokan seperti tersumbat
  12. Pada bayi biasanya akan timbul kejang-kejang bahkan dapat membuat koma

Kapan terjadinya ISPA? Kapan pun Anda dapat terkena infeksi saluran pernapasan ini, terutama di musim dingin. Gejalanya yang tidak dapat dibedakan dari flu biasa memerlukan deteksi dini.

Jika seluruh gejala yang dimaksud menyerang Anda, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. Namun demikian, Anda harus tetap waspada dan melakukan pencegahan dengan banyak mengonsumsi makanan sehat, rajin berolahraga, tidur cukup, serta hindari rokok dan minuman beralkohol.

Loading...
Selanjutnya : Profil Wirausaha Sukses Ipho Santosa
Sebelumnya: Berkaca dari Profil Pengusaha Makanan Sukses
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar