Kapan Terjadinya Variasi dan Mutasi Gen

Suatu pertanyaan yang mendasar ketika melihat fenomena ini adalah kapan terjadinya variasi dan mutasi gen? Mutasi ataupun perubahan ini terjadi secara tiba-tiba dalam suatu individu karena adanya keturunan yang diwariskan ataupu faktor lain. Mutasi tidak semuanya berdampak buruk ada pula mutasi yang memilki manfaat untuk kehidupan.

Perubahan sifat dari keturunan (gen) suatu individu disebut dengan mutasi. Tidak ada satu cara pun yang dapat menghentikan ataupun mencegah terjadinya mutasi dalam suatu gen. Mutasi memiliki kecepatan yang berbeda pada setiap gen. Setiap gen akan mengalami mutasi pada pembelahan ke 50.000 sampai pembelahan ke 10.000.

Mutan adalah individu yang mengalami proses mutasi itu sendiri sedangkan mutagen adalah faktor yang dapat menyebabkan terjadinya suatu mutasi. Peristiwa mutasi disebut dengan mutagenesis.

Mutasi Gen adalah mutasi yang terjadi karena adanya perubahan dari susunan basa yang terdapat di dalam DNA. Mutasi gen juga mengakibatkan sifat individu yang dihasilkan mengalami penyimpangan dari sifat alaminya atau munculnya individu yang tidak normal berbeda dari umunya.

Penyebab Mutasi

• Faktor biologis, yaitu faktor yang disebabkan oleh makhluk hidup contohnya virus, salah satu mkhluk hidup yang menyebabkan kerusakan pada kromosom. Virus cacar ataupun campak adalah virus yang dapat menyebabkan aberasi.

• Faktor fisika berupa radiasi. Faktor ini berasal dari lingkungan berupa sinar gamma, sinar ultraviolet, ataupun pancaran sinar kosmis.

• Faktor kimia. Yaitu faktor yang berasal dari bahan industri ataupun pestida yang ada disekitar lingkungan seperti DEB, Glycidol.  Bahkan faktor kimia dapat ditemui di beberapa jenis makanan dan minuman seperti MSG, siklmat.

Kapan terjadinya variasi dan mutasi gen? Variasi gen terjadi ketika adanya mutasi gen sehingga menghasilkan individu yang diwariskan berbeda dengan induknya. Sedangkan mutasi  itu sendiri terjadi dengan tiba-tiba. Berdasarkan tempat terjadinya suatu mutasi, terdapat dua macam mutasi yaitu:

1. Mutasi kecil, yaitu perubahan yang terjadi dalam urutan Molekul ADN.
2. Mutasi besar, yaituperubahan pada struktur kromosom. (aberasi)

Mutasi yang Menguntungkan untuk Manusia

• Mutasi induksi membantu meningkatkan produksi pangan
• Meningkatkan pertanian yaitu dengan dihasilkannya bibit unggul, buah tanpa biji.
• Mengembangkan proses evolusi juga variasi genetik suatu individu

Mutasi yang Merugikan untuk Manusia

• Membahayakan makhluk hidup karena dapat menimbulkan berbagai penyakit di antaranya :

a. Kanker  kulit, kanker otak yang mengancam jiwa manusia
b. Syndrome satunya sindrom down dimana si penderita mengalami mengalami keterlambatan mentalnya. Perkembangan tubuh yang tidak normal.
c. Cacat bahkan kematian.

Fenomena kapan terjadinya variasi dan mutasi gen bukanlah suatu kutukan yang dikenal oleh banyak masyarakat awam sehingga penderitanya dikucilkan dan tidak mendapat perhatian. Perubahan ini tidak bisa dihentikan apalagi dihilangkan.

Selanjutnya : Kasiat Jus Sirsakcom
Sebelumnya: Manfaat Tomat Jika Dikonsumsi Secara Teratur
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini