Kapan Waktu yang Dilarang untuk Shalat Istikharah?

Mungkin sebagian dari Anda pernah mengetahui apa itu shalat Istikharah. Namun, tahukah Anda kapan waktu yang dilarang untuk shalat Istikharah? Apakah sama dengan waktu yang dilarang untuk shalat lainnya?

Shalat Istikharah adalah salah satu shalat sunat yang dilakukan untuk mendapatkan petunjuk dari Allah mengenai sebuah urusan yang harus dipilih. Hal ini dilakukan agar seseorang tidak lagi merasa ragu dalam membuat keputusan.

Misalnya, seseorang diterima bekerja di perusahaan A dan B dalam waktu bersamaan. Dengan shalat Istikharah ini, seseorang tersebut akan diberi petunjuk pekerjaan mana yang terbaik baginya. Tak hanya soal pekerjaan, shalat ini juga dapat dilakukan untuk urusan lain seperti jodoh, kuliah, sekolah, atau hal lainnya.

Shalat Istikharah ini dapat dikerjakan sebanyak dua hingga dua belas rakaat dengan salam setiap dua rakaat.  Mengenai waktunya, shalat ini bisa dikerjakan kapan saja di luar waktu yang dilarang untuk shalat. Namun alangkah baiknya jika shalat ini dikerjakan pada sepertiga malam yaitu sekitar jam 1 hingga jam 3 dini hari.

Shalat Istikharah dilarang dikerjakan pada waktu yang dilarang untuk shalat. Berikut waktu-waktu yang dilarang untuk shalat.

•    Setelah waktu subuh hingga terbit matahari.
•    Setelah waktu Ashar hingga matahari menguning atau hampir tenggelam.
•    Dari terbit matahari hingga berada setinggi tombak.
•    Saat matahari ada di tengah-tengah hingga tergelincir.
•    Saat matahari menguning hingga tenggelam.

Lalu bagaimana tata cara dari shalat Istikharah ini? Tata cara dari shalat ini sebenarnya sama saja sengan shalat lainnya. Hanya saja, dalam mengerjakan shalat ini surat yang diutamakan dibaca setelah surat Al Fatihah yaitu surat Al-Kafiruun pada rakaat pertama, dan surat Al-Ikhlas pada rakaat kedua. Lalu, setelah selesai mengerjakan  shalat ini ada doa yang harus dibaca yaitu doa shalat Istikharah.

Itulah sekilas tentang shalat Istikharah dan kapan waktu yang dilarang untuk shalat Istikharah. Shalat Istikharah ini memiliki manfaat yaitu kemantapan hati akan suatu urusan atau keputusan. Jadi, tidak ada salahnya Anda mencoba ketika dihadapkan pada sebuah pilihan.

Loading...
Selanjutnya : Membuat Aneka Makanan Udang
Sebelumnya: Pola Gamis Anggun untuk Dewasa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar