Profil Singkat Bambang Hendarso Danuri, Kapolri sebelum Timur Pradopo


Posisi Kapolri sebelum Timur Pradopo diisi oleh Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri. Beliau bertugas sejak 1 Oktober 2008 dan berakhir masa tugasnya terhitung 22 Oktober 2010. Bambang Hendarso Danuri adalah Kapolri ke-20 sejak posisi jabatan Kapolri eksis mulai tahun 1945, sedangkan Jenderal (Pol) Timur Pradopo, suksessornya, adalah Kapolri ke-21 dan menjabat mulai 22 Oktober 2010 hingga saat ini. Apa dan siapa Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri?

Profil
Pria kelahiran Bogor, Jawa Barat pada 10 Oktober 1952 ini adalah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1974. Ia juga bergelar Sarjana dari PTIK atau Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian. Selain itu, Bambang Hendarso Danuri juga miliki gelar Sarjana Ekonomi dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jakarta. Ia beragama Islam dan beristri Nanny Hartiningsih. Ipar Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI (Purn.) Tritamtomo ini awali karir kepolisiannya sebagai Wakasat Sabhara Polresta Bogor Polda Jawa Barat (1975). Ia mendapat penghargaan Satya Lencana Kesetiaan, Karya Bhakti, dan Ksatria Tamtama.

Kapolri 2008 – 2010

Dalam janjinya sebelum menjabat sebagaia Kapolri, Bambang Hendarso Danuri berupaya sebaik mungkin mengakselerasi dan transformasi Polri menuju kemandirian, profesional, serta bisa dipercaya masyarakat. Namun, janji manis itu tak terwujud tatkala ia menjabat. Bahkan, pada periodenya terjadi kasus kriminalisasi KPK. Ini belum kasus mafia pajak yang menyeret sejumlah oknum.

Polri

Bambang Hendarso Danuri dilantik Presiden pada 30 September 2008. Ia gantikan Jenderal (Pol) Sutanto yang pensiun di waktu yang sama. Sebelum menduduki jabatan sebagai Kapolri, ia baru saja naik pangkat menjadi jenderal. Sutanto sendiri ternyata kakak kelasnya di Akpol angkatan 1974. Salah satu janji yang patut digarisbawahi waktu pelantikannya, jika Kapolri akan bertindak lebih keras dan tegas. Ini termasuk kebijakan di dalam dan luar Polri.

Jenderal (Pol) Timur Pradopo

Timur Pradopo mulai menjabat sebagai Kapolri sejak 22 Oktober 2010. Pria kelahiran Jombang, Jawa Timur 10 Januari 1956 ini alumnus Akpol angkatan 1978. Ia awali karir di Kepolisian menjabat sebagai Perwira Samapta Poltabes Semarang. Tatkala pengajuan Kapolri ke DPR-RI (fit and proper test), Timur Pradopo berhasil ungguli dua kandidat lain, yakni Komjen Pol Nanan Soekarna dan Komjen Pol Imam Sudjarwo. Demikian sekelumit informasi tentang posisi Kapolri sebelum Timur Pradopo terkait profil singkat Bambang Hendarso Danuri. Semoga informasinya bermanfaat.

Selanjutnya : Rangkuman Materi Agama Islam Kelas XII SMA
Sebelumnya: Puisi Pendek Jangan Menghindari Aku Kasih
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar