Karakteristik Penyakit Demam Berdarah

Bagaimana Karakteristik penyakit demam berdarah?

Karakteristik Penyakit Demam Berdarah yang sulit dibedakan dari penyakit lain seperti demam biasa adalah hal yang menyebabkan sebagian penderita terlambat mendapat pertolongan dari pihak rumah sakit.

Loading...

Ya, Indonesia dari tahun ke tahun belum terlepas dari penyakit demam berdarah yang sering memakan banyak korban. Penyakit yang menyerang tubuh melalui trombosit merupakan salah satu penyakit mematikan yang dibawa oleh nyamuk jenis Aedes aegypti. Jika salah ditangani atau terlambat maka penyakit ini sering menyebabkan kematian. Karena kasus ini terbilang cukup banyak maka, masyarakat perlu pengetahuan tentang karakteristik penyakit demam berdarah.

Karakter Medis Dan Umum
1. Karakteristik medis:
Terjadi penurunan jumlah trombosit dalam darah hingga dibawah 100.000/mm³.
Terjadi pembesaran pada organ limfa dan hati.
Terjadi pula pengenatalan darah sementara nilai hematokrit naik menjadi 20%.

2. Karakteristik secara umum:
Penderita mengalami demam selama 2 hingga 7 hari secara terus menerus dan suhunya meningkat hingga lebih dari 38 derajat cc. Terjadinya rasa nyeri pada pada persendian tubuh yang diikuti rasa sakit, pegal-linu. Anak-anak yang mendapat ciri-ciri ini umumnya akan tampak rewel dan kurang segar. Selain pada persendian, rasa nyeri juga terjadi pada bagian perut yang diikuti rasa mual.

Kepala terserang rasa pusing. Kulit wajah menjadi merah karena demam dan panas bagian mata. Penderita menderita diare atau mengalami sulit buang air besar. Permukaan kulit tumbuh bintik-bintik merah. Bintik-bintik berwarna merah ini seperti serangan alergi atau jerawat berwarna merah yang terdapat pada permukaan kulit. Ketika ditekan bintik tidak akan hilang. Selanjutnya, mimisan bisa disebabkan oleh apa saja, namun ada jenis mimisan yang merupakan pendarahan akibat serangan penyakit demam berdarah.

Sebagian besar karakteristik yang ditunjukan oleh penderita demam berdarah umumnya tidak terlalu berbeda dari penyakit lain, oleh karena sangat dianjurkan agar penderita yang sedang mengalami ciri-ciri serangan fisik di atas memeriksakan diri ke dokter.

Cara Menangani Penyakit Demam Berdarah
Dalam menghadapi serangan penyakit seperti demam berdarah maka sangat dibutuhkan kekebalan tubuh yang tangguh. Salah satu cara adalah dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak. Ketersediaan cairan dalam tubuh akan memperlancar aktivitas sehingga tubuh bisa segera mengganti sel yang rusak dengan sel baru serta membentengi tubuh dengan system imun.
Demikian artikel tentang karakteristik penyakit demam berdarah. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan dan terlebih untuk menjaga kesehatan tubuh masing-masing.

 

Loading...
Selanjutnya : Landasan Kasus Hukum Narkoba
Sebelumnya: Mana yang Lebih Tinggi, Kandungan Kolesterol dalam Daging Sapi atau Kambing?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar