Mengenal Karakteristik Singapura dari Segi Geografis dan Ekonomi

Karakteristik Singapura tergolong unik. Sebab, Singapura merupakan negara kecil berbentuk pulau, namun Singapura bukan negara dari segi ekonomi dan pembangunan. Singapura bukanlah negara berkembang. Negara yang merdeka dari Inggris pada tahun 1957 ini merupakan negara republik yang memiliki dua pimpinan, yakni presiden sebagai kepala negara dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan. Negara yang menggunakan dollar Singapura sebagai mata uangnya ini memiliki posisi strategis dan cukup berpengaruh di Asean. Untuk lebih jelasnya tentang Singapura, bisa simak pembahasan berikut ini.

Karakteristik Geografis Singapura

Negara yang mempunyai lagu kebangsaan berjudul Majulah Singapura ini memiliki luas wilayah sekitar 622 km². Meskipun wilayahnya kecil, negara ini memiliki peranan besar bagi perkembangan dunia. Dikelilingi oleh empat selat di kawasan Asia Tenggara, membuat posisi Singapura sangat cocok sebagai pelabuhan dan perdagangan internasional.

Kawasan Singapura yang dikelilingi lima puluh pulau kecil pun membuat Singapura menjadi kawasan wisata alam yang cukup menarik. Di sekeliling pulau utamanya, Singapura dikelilingi oleh dataran rendah berupa rawa, lembah, bukit-bukit, dan juga lembah sungai.

Kondisi iklim Singapura bisa dibilang iklim tropis basah. Negara ini banyak dipengaruhi oleh angin musim. Saat akhir tahun sampai awal tahun, Singapura mengalami musim hujan. Sementara itu, dari kuartal kedua sampai kuartal ketiga, negara ini umumnya akan mengalami musim kemarau. Kondisi ini tentu serupa dengan kondisi iklim yang terdapat di negara-negara Asia Tenggara.

Karakteristik Ekonomi Singapura

Karakteristik Singapura yang cukup menarik adalah karena faktor pertumbuhan penduduk. Sebagai sebuah negara yang jadi lalu lintas perdagangan dunia, negara ini cukup strategis sebagai tempat mengadu nasib atau bekerja. Karena alasan inilah, pertumbuhan penduduk di negara ini cukup tinggi. Banyaknya pendatang dari Cina, India, Eropa, dan negara lain membuat kawasan ini menjadi kawasan padat. Keragaman ini juga menjadi salah satu karakteristik Singapura yang cukup menonjol.

Dengan ragam etnis, ragam kepercayaan, dan bermacam latar belakang budaya terbentuk menjadi satu kesatuan di negara ini. Dengan mengusung tiga bahasa resmi, yakni Mandarin, Melayu, dan Inggris, membuat Singapura menjadi jembatan tepat untuk saling terhubung dengan berbagai industri, terutama perdagangan.

Singapura memang bisa dikatakan sebagai kawasan strategis perdagangan internasional. Tetapi, negara ini bisa mengalami pertumbuhan besar karena sektor industri di dalam negeri. Industri yang berkembang banyak umumnya berada pada bidang elektronik, kimia, tekstil, dan makanan dalam kaleng. Selain itu, industri berat semacam besi, baja, suku cadang pesawat, galangan kapal, dan mesin diesel pun berkembang di negara ini.

Demikian penjelasan tentang karakterisitk Singapura, baik dari segi geografisnya maupun pertumbuhan ekonominya. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan pembaca tentang Singapura.

Selanjutnya : Deretan 10 Tempat Kuliner Murah di Bandung
Sebelumnya: Kandungan Jus Apel bagi Kesehatan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini