Karangan Deskripsi Tempat


Karangan deskripsi merupakan tulisan yang bertujuan untuk menjelaskan secara rinci atau detail mengenai objek tertentu sehingga pembaca mendapatkan pengaruh pada sensitivitas dan imajinasi mereka dalam melihat, mendengar, dan merasakan objek tersebut.

Untuk membuat karangan deskripsi tempat dan jenis karangan deskripsi lainnya, Anda perlu memahami ciri-ciri jenis karangan ini.
Sebelum mengetahui ciri-ciri dan teknik pembuatannya.

Anda juga perlu mengetahui tujuan dibuatnya karangan jenis ini, yakni untuk menghadirkan citraan kepada pembaca sehingga pembaca mengetahui sesuatu yang sebelumnya tidak diketahui. Dengan kata lain, jenis karangan ini juga sangat memberikan informasi dan pengetahuan kepada pembacanya.

Dengan mengetahui hakikat objek yang dideskripsikan, pembaca diharapkan bisa menangkap makna dari penulisan karangan tersebut sehingga bukan sekadar informasi yang didapatkan, tapi juga wawasan berpikir yang meluas.

Kita bisa menggunakan imajinasi dan pemikiran kita terhadap apa yang disampaikan pada karangan tersebut, baik dari sisi lokasi, detail-detail kejadian atau benda yang ada dan terjadi di sana maupun benda-benda bergerak lainnya.

Oleh karena itu, ciri-ciri karangan deskripsi adalah sebagai berikut:

1. Karangan deskripsi berusaha untuk memperlihatkan objek secara detail

2. Karangan deskripsi memberikan pengaruh sensitivitas dalam membentuk citraan terhadap pembaca

3. Karangan deskripsi disampaikan dengan gaya yang halus, menarik, serta pilihan kata yang menggugah

4. Karangan deskripsi ini bersifat menggambarkan objek yang dapat dilihat, didengar, dan dirasakan, seperti halnya objek alam, benda, warna, dan makhluk lainnya

5. Karangan deskripsi ini lebih banyak menggunakan media susunan ruang sehingga sering dipersepsikan sebagai cara untuk mendeskripsikan tempat.

Dengan begitu, Anda juga bisa membuat karangan deskripsi tempat dengan menjelaskan dan menggambarkan secara detail bagaimana bentuk benda-benda yang terdapat di dalam tempat atau ruang tersebut, serta bagaimana kondisi yang dirasakan saat Anda berada di sana.

Sebagai contoh, Anda bisa mendeskripsikan sebuah kamar yang terdapat di dalam bangunan tua dengan kalimat-kalimat berikut ini:

Saat memasuki ruangan berukuran 4 x 3 meter tersebut, aku melihat sebuah cermin tua diletakkan di hadapan pintu masuk. Di samping cermin itu terlihat banyak lukisan bernuansa magis dengan sarang laba-laba yang hinggap di setiap bingkainya.

Tidak jauh dari lukisan-lukisan itu, aku melihat sebuah jam dinding besar yang bunyi detiknya terdengar menyeramkan.

Dengan demikian, Anda bisa membuat karangan deskripsi tempat dengan merujuk pada benda-benda yang terdapat di ruangan tersebut, bagaimana benda tersebut diletakkan atau digerakkan, serta suasana yang terdapat di ruangan tersebut.

Selanjutnya : Nama Penyair Indonesia dan Ciri Angkatannya
Sebelumnya: Nama Pemain Lupus
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar