Karya dari Bahan Limbah Rumah Tangga


Limbah tak selamanya harus menjadi sampah. Limbah, terutama limbah rumah tangga masih bisa dimanfaatkan dan didaur ulang. Limbah yang bisa dimanfaatkan adalah limbah kering dan kemasan-kemasan bekas. Ada banyak karya dari bahan limbah rumah tangga, seperti karya seni instalasi, pot bunga, hiasan dinding, dan lain-lain.

Adapun limbah yang bisa digunakan adalah botol bekas pakai, kemasan berbahan plastik, kemasan berbahan karet, kardus, dan kaleng bekas. Berikut ini adalah beberapa karya yang dibuat dari bahan daur ulang limbah rumah tangga dan cara membuatnya.

Karya dari bahan limbah yang paling banyak dibuat adalah karya instalasi atau hiasan dinding. Banyak ditemui hiasan-hiasan dinding yang indah dan menarik yang bahannya dari limbah rumah tangga, seperti pigura dari kardus dan sedotan, bunga dari kemasan plastik, instalasi di dalam botol, pot bunga gantung dari botol atau kaleng bekas, dan hiasan-hiasan dinding lainnya. Selain untuk dipakai sendiri, hiasan dinding dari bahan limbah bisa menghasilkan uang jika diproduksi massal dan dijual.

Karya dari bahan limbah rumah tangga yang bisa diproduksi massal dan menghasilkan uang lainnya adalah tas. Meskipun berbahan dasar murah, tas dari bahan limbah kini banyak diburu karena keunikannya, harganya juga cukup bersaing dengan tas berbahan kain. Bahan limbah yang bisa digunakan sebagai tas adalah kemasan berbahan plastik seperti bungkus detergen, bungkus kopi instan, potongan kain limbah jahitan, dan bahan-bahan lunak  lainnya.

Kulit telur bisa juga bisa dimanfaatkan sebagai karya kesenian. Karya seni kontemporer yang dibuat dari bahan kulit telur adalah kaligrafi. Kulit telur yang memiliki warna kuning kecoklatan yang khas bisa menjadi pewarna tulisan kaligrafi.

Kulit telur itu dipecah menjadi serpihan kecil, kemudian serpihan itu ditempel kepada huruf-huruf kaligrafi dengan lem. Jadilah kaligrafi yang indah. Membuat kaligrafi dari kulit telur kini banyak dilakukan oleh seniman-seniman kaligrafi karena sangat menguntungkan.

Limbah rumah tangga kerap dimanfaatkan sebagai bahan pembuat souvenir, seperti miniatur kendaraan, diorama gedung, lukisan bertumpuk dari kemasan plastik, dan masih banyak lagi karya-karya lainnya.

Menjual karya dari bahan limbah tidak terlalu sulit, bisa dijual di pasaran atau dititipkan ke toko-toko terdekat, atau ditawarkan kepada tetangga. Daripada membuang limbah yang masih bisa didaur ulang, lebih baik dijadikan karya kesenian yang menguntungkan.

Selanjutnya : Tugas Admin dalam Kantor
Sebelumnya: Bentuk Proposal Rencana Usaha Makanan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar