Karya Ilmiah Tentang Sastra dan Manfaatnya untuk Kehidupan

Salah satu aspek penting dalam pembentukan diri adalah karakter diri. Aspek ini menjaid bagian utama dari setiap sosok diri. Oleh karena itu, maka setiap orang harus berusaha untuk melakukan pembentukan ini. Pembentukan ini dapat dilakukan dengan mempelajari sastra sebaik-baiknya.

Kita tidak dapat mengelak bahwa dalam karya sastra selalu ada materi karakter. Bahwa, karya sastra yang dihasilkan oleh para sastrawan mengandung pendidikan bagi kita. Untuk dapat mempelajari dan memahami muatan dalam sastra, maka kita dapat menuli skarya ilmiah tentang sastra.

Karya ilmiah tentang sastra pada dasarnya mencoba untuk menguraikan makna implisit dari karya sastra. Setiap sastrawan yang menuangkan ide dan imajinasinya dalam setiap karyanya, selalu menggarap muatan kehidupan. Seringkali, seorang sastrawan menulis tentang kehidupan yang perlu penataan lebih baik.

Karya sastra pada umumnya adalah pengejawantaan dari kegelisahan sastrawan ata skondisi kehidupan yang dihadapi. Mereka merasakan adanya sesuatu yang kurang sesuai dengan kondisi ideal dari kehidupan. Mereka endapkan setiap rasa dan perasaan, setelah itu mereka tuangkan dalam bentuk tulisan sastra.

Sastra Sebagai Materi Pembelajaran

Belajar adalah proses sadar untuk memeprbaiki kompetensi diri. Setiap orang melakukan proses belajar sebab mereka berkeinginan untuk semakin berkualitas dirinya. Salah satu sarana untuk belajar adalah hasil sastra. Hal ini karena hasil sastra adalah hasil perenungan sastrawan terhadap kehidupan.

Para sastrawan berusaha untuk mengartikan dan memberikan makna terhadap setiap kondisi yang dihadapi dalam hidupnya. Dan, selanjutnya untuk lebih memaknai hasil karya sastra ini, maka perlu dituliskan karya ilmiah tentang sastra yang dimaksudkan tersebut.

Seorang penulis ilmiah, khususnya mengenai sastra, sudah tentu harusĀ  memahami makna kehidupan. Mereka harus menguasai berbagai nilai kehidupan yang berlaku di masyarakatnya. Tentunya, nilai-nilai di dalam karya sastra harus ditelaah sebaik-baiknya. Telaah ini dapat kita lakukan melalui karya ilmiah tentang sastra tersebut. dengan karya ilmiah inilah kita berusaha untuk mengungkapkan isi dari karya sastra. Karya sastra kita kupas sedemikian rupa sehingga amanat yang ada dalam karya tersebut dapat dimengetri masyarakat pembacanya. Inilah yang dikatakan bahwa sastra sebagai materi pembelajaran.

Sastra Sebagai Relaksasi Hidup

Ketika kita sedang mengalami kejenuhan dalam hidup, maka salah satu cara kita adalah mencari hiburan. Dengan adanya hiburan, maka kejenuhan dalam diri dapat terkikis. Salah satu caranya adalah dengan membaca. Membaca merupakan kegiatan untuk memahami isi dalam sebuah tulisan atau karya tulis atau karya apapun sehingga kita mengerti tujuan penulisnya.

Dengan membaca karya tulis sastra, maka kita sedang berusaha untuk merelaksasi hidup kita. Isi yang terkandung dalam karya tulis dapat mengurangi ketegangan syaraf kita. Oleh karena itulah, ketika kita mengalami ketegangan syaraf maka salah satu caranya adalah dengan membaca sastra. Nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra diyakini dalam mengendurkan ketegangan syaraf- syaraf kita.

Dan, karya ilmiah tentang sastra akan menjadi jembatan penghubung antara karya sastra dengan masyarakatnya. Dengan demikian, maka semakin mudah bagi masyarakat untuk memahami isi dari karya sastra. Semakin mudah bagi masyarakat untuk mengadopsi nilai-nilai dari karya sastra. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya : Pentingnya Kata Bijak Masalah Denda
Sebelumnya: Cara Mengaktifkan Multi Video Camfrog
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...