Karya Ilmiah Universitas Terbuka


Penulisan Karya Ilmiah Universitas Terbuka merupakan salah satu kewajiban mahasiswanya. diresmikan pada tanggal 4 September 1984, Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang dikukuhkan dengan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984.

Tujuan didirikannya Universitas Terbuka adalah untuk memberikan kesempatan bagi warga negara Indonesia dan warga negara asing untuk memperoleh pendidikan tinggi tanpa meninggalkan tempat tinggalnya, memberikan kesempatan mereka yang bekerja atau alasan lainnya tidak dapat menghadiri pendidikan model tatap muka, serta mengembangkan program pendidikan dan akademis professional sesuai tuntutan pembangunan.

Visi Universitas Terbuka adalah pada tahun 2021 mampu menjadi institusi Perguruan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ) berkualitas dunia. Untuk mewujudkan visi tersebut, Universitas terbuka menjalankan misi sebagai berikut: menyediakan akses pendidikan tinggi berkualitas melalui sistem PTTJJ, konsisten mengkaji dan mengembangkan sistem PTTJJ dan berperan serta dalam pembangunan nasional melalui hasil kajian keilmuan.

Dalam rangka mengadakan proses dan program pendidikan bersistem PTTJJ berkualitas tersebut maka salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan mahasiswa Universitas Terbuka adalah menulis karya ilmiah, baik itu bagi mahasiswa dari fakultas FKIP, FMIPA, FEKON, FISIP, Pasca Sarjana maupun Program Sertifikasi.

Syarat utama untuk meraih gelar kesarjanaan melalui pendidikan tinggi di Universitas Terbuka adalah kemandirian sang mahasiswa. Sesuai dengan istilah “jarak jauh” yang digunakan dalam proses pembelajaran maka transfer ilmu kepada mahasiswa tidak dilakukan melalui tatap muka dengan pengajar, namun melalui media cetak (modul) dan non cetak (siaran radio dan televisi, jaringan internet atau rekaman video).

Berbekal kemandirian dan pembelajaran jarak jauh ini diharapkan dapat merangsang kreativitas mahasiswa dalam menulis karya ilmiah sebagai tugas kuliah maupun persiapan menyusun skripsi sebagai salah satu persyaratan meraih gelar kesarjanaan.

Kaidah menulis karya ilmiah harus dipatuhi dan disusun sebagaimana mestinya. Latar belakang, Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Hipotesis, Kajian Pustaka dan Metodologi Penelitian adalah poin-poin yang harus dicantumkan dalam menulis Karya Ilmiah. Tema atau latar belakang masalah yang dipilih hendaknya sesuai dengan latar belakang keilmuan yang dipelajarinya.

Misalnya mahasiswa FKIP selayaknya menulis karya ilmiah bertema kependidikan, misalnya pengaruh metode belajar melalui permainan untuk memahami pelajaran IPA. Dengan menulis karya ilmiah Universitas Terbuka, mahasiswa tak hanya menunaikan salah satu kewajiban studinya namun sebagai proses pemahaman keilmuan yang dipelajarinya.

Selanjutnya : Keuntungan Jaringan Komputer Berdasarkan Broadcast
Sebelumnya: Latihan Dasar Autocad 2007
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar