Karya Seni Kriya Mancanegara dari Cina


Cina dikenal dunia sebagai negara yang berbudaya. Karya seni yang dimiliki Cina membuat negara ini terkenal dengan unsur seninya yang tinggi, salah satunya adalah seni kriya. Karya seni kriya mancanegara dari Cina ini mulai berkembang pesat pada tahun 60 SM.

Pengertian Karya Seni Kriya

Karya seni kriya dapat dikatakan sebagai seni kerajinan tangan. Seni kriya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Kr yang berarti mengerjakan. Dari kata tersebut diperluas lagi menjadi kata karya, kriya, dan kerja. Seni kriya khususnya memiliki arti yaitu sesuatu untuk menghasilkan benda dan objek yang bernilai seni. (Prof. Dr. Timbul Haryono 2002)

Unsur Karya Seni Kriya

Karya seni kriya memiliki nilai keindahan yang tinggi. Oleh karena itu, dibutuhkan kriteria khusus yang harus dipenuhi yaitu utility atau aspek kegunaan dan estetika atau syarat keindahan. Suatu karya seni kriya lebih sedap dipandang apabila memiliki unsur-unsur tersebut.

Karya Seni Kriya Nusantara

Karya seni kriya Nusantara merupakan seni kriya buatan asli Indonesia. Jenis-jenis seni kriya Nusantara di antaranya, seni kerajinan kulit, logam, dan lain-lain. Semua itu memiliki nilai keindahan masing-masing dan merupakan hasil karya Nusantara. Berbeda kebudayaan, berbeda pula seni kriya yang dihasilkan.

Karya Seni Kriya Mancanegara

Berbagai negara di dunia memiliki seni kriya masing-masing. Seni kriya yang dihasilkan disesuaikan dengan kebudayaan yang dimiliki negara tersebut.

Macam-macam Karya Seni Kriya Mancanegara

Banyak seni kriya yang dihasilkan oleh beberapa negara. Seni kriya mancanegara dari Yunani, Jepang, dan Cina merupakan seni kriya yang terkenal di dunia. Ketiga negara tersebut memiliki kepercayaan atau mitos yang sangat kental sehingga seni kriya yang dihasilkan pun menarik.

Perkembangan Karya Seni Kriya di Cina

Seni kriya yang terkenal dari Cina adalah keramik, patung, dan lukisan. Seni keramik berkembang pesat di dataran Cina dari waktu ke waktu. Setiap wilayah di Cina memiliki ukiran keramik sesuai dengan wilayahnya masing-masing.

Bisnis Karya Seni Kriya Mancanegara

Seni kriya dapat digunakan sebagai lahan bisnis. Selain keramik, masyarakat Cina mengembangkan pula seni kaligrafi dan pembuatan sutra. Industri sutra banyak berkembang di negara tersebut sehingga pemasukan negara ini bertambah dan karya seni kriya mancanegara dari Cina ini terkenal di seluruh dunia.

Selanjutnya : Kata-kata Mengajak Keluarga ‘tuk Bersabar
Sebelumnya: Apakah Pupuk Urea Itu? Si Pupuk Hijau Daun!
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar