Karya Tulis Ilmiah tentang Masalah Kesehatan pada Anak

Karya tulis ilmiah tentang masalah kesehatan pada anak merupakan sebuah karya tulis yang didasarkan pada penelitian khususnya tentang masalah kesehatan yang dialami oleh anak. Isi dari karya tulis tersebut tentunya tidak sembarangan. Berdasarkan fakta yang ada, dan lebih baik lagi jika terdapat pendapat dari para ahli yang diwawancarai secara langsung.

Masalah kesehatan pada anak memang merupakan sebuah pembahasan yang sebaiknya sering diangkat sejalan dengan kondisi tubuh anak yang memang masih rentan terhadap penyakit terutama anak yang masih kategori bayi atau balita.

Ada banyak jenis tema kesehatan anak yang bisa diangkat menjadi sebuah karya tulis. Keberadaan tema-tema tersebut tentunya menjadi peluang besar bagi seseorang yang hendak membuat karya tulis.

Akan tetapi, selalu diingat bahwa pengembangan dari tema sendiri memerlukan data-data akurat serta fakta karena pada dasarnya karya tulis bukanlah sebuah karya fiksi. Beberapa tema tentang kesehatan atau masalah kesehatan pada anak yang bisa diangkat menjadi sebuah karya tulis di antaranya sebagai berikut.

1.  Gizi buruk. Tema gizi buruk merupakan tema yang masih sangat relevan untuk diangkat menjadi karya tulis. Hal tersebut berhubungan dengan masih banyaknya kasus gizi buruk pada anak-anak Indonesia.

2. Diare. Diare adalah sebuah masalah kesehatan yang terkesan umum terjadi pada anak. Akan tetapi, diare juga tidak boleh dianggap sepele. Diare yang parah bisa menyebabkan kesehatan anak terus menuru bahkan berujung pada kematian. Tema ini pun merupakan tema yang penting untuk diangkat menjadi karya tulis.

3. Demam berdarah. Satu lagi masalah kesehatan pada anak yang cukup banyak merenggut nyawa anak-anak adalah demam berdarah. Masalah demam berdarah selalu ada setiap tahunnya, tema ini menjadi tema penting lainnya bisa diangkat menjadi karya tulis.

Pada dasarnya penulis harus memerhatikan hal-hal penting dalam karya tulis seperti tujuan, latar belakang, pemecahan amsalah, data-data akurat, fakta lapangan, solusi, dan beberapa permasalah penting lainnya.

Uraian mengenai beberapa pilihan tema karya tulis ilmiah tentang masalah kesehatan pada anak ini diharapkan bisa cukup membantu bagi mereka yang sedang memerlukan ide untuk menentukan tema apa yang akan digunakan dalam penelitian dan penulisan karya ilmiahnya.

Selanjutnya : Penyebab Sakit Cangkrang
Sebelumnya: Strategi Pemasaran Jamur Merang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...