Karya Tulis Ilmiah tentang Pendidikan : Pengaruh Perpustakaan Terhadap Minat Baca Siswa


Ini adalah contoh karya tulis ilmiah tentang pendidikan. Mengambil pokok bahasan tentang pengaruh perpustakaan terhadap minat baca siswa.

I. Pendahuluan

Budaya membaca belum sepenuhnya ada dalam diri siswa. Padahal membaca adalah faktor penting dalam perkembangan kemampuan seseorang. Dengan membawa wawasan, pemahaman, dan perbendaharaan kata kita bertambah. Kebiasaan membaca adalah sebuah nilai positif bagi siswa demi mencapai kemajuan, peningkatan kecerdasan, dan pencapaian prestasinya.

Oleh karena itu, sebagai siswa generasi harapan bangsa haruslah rajin membaca. Dengan adanya perpustakaan yang mamadai diharapan mampu menumbuhkan minat baca dikalangan siswa.

II. Landasan Teori

Banyak sekali faktor yang memengaruhi minat baca siswa. Di antaranya sebagai berikut.

1.  Faktor jasmani. Meliputi kondisi kesehatan siswa. Siswa yang telah mendapatkan nutrisi yang cukup tentunya akan memiliki badan yang sehat. Sementara siswa yang kurang mendapatkan perhatian nutrisi akan terganggu kesehatannya. Mereka akan merasa lemas, malas, atau gampang mengantuk. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap minat bacanya.

2.  Faktor psikologis. Berkaitan dengan minat, pola pikir, bakat, harapan, dan keinginan. Siswa yang memiliki semangat tinggi dalam meraih prestasi tentu akan rajin membaca. Sementara siswa yang kurang bersemangat dalam mengejar prestasi akan malas untuk membaca.

3.  Faktor keluarga. Bila di rumah telah tertanam kebiasaan membaca, maka di sekolah pun ia juga akan rajin membaca.

4.  Faktor sekolah. Dengan perpustakaan sekolah yang memadai akan menarik minat siswa untuk membaca.

5.  Faktor lingkungan. Termasuk dalam ini adalah teman di sekeliling siswa. Bila semua teman-temannya memiliki hobi membaca, sudah tentu kebiasaan tersebut akan menulular pada siswa tersebut.

III. Metode Penelitian

Penelitian jenis ini tergolong dalam penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menggambarkan fenomena yang terjadi di lapangan secara jelas dan adanya keterkaitan antara variabel-variabel yang satu dengan variabel yang lainnya. Harapannya agar mendapatkan gambaran tentang fenomena yang ada sehingga dapat diambil langkah agar memperoleh hasil yang seperti kita inginkan.

IV. Penutup

Di sekolah-sekolah perlu digalakkan program cinta perpustakaan. Menyediakan perpustakaan yang memadai, fasilitas perpustakaan yang nyaman, serta tugas-tugas dengan melibatkan kegiatan kepustakaan dalam berbagai pelajaran, maka diharapkan akan menumbuhkan minat baca siswa pada umumnya. Selain itu, perlu dilakukan penyuluhan pada orangtua murid untuk membudayakan membaca di rumah.
Semoga artikel singkat tentang karya tulis ilmiah tentang pendidikan ini bermanfaat untuk Anda.

Selanjutnya : Mengetahui Pengaruh Rusaknya Hutan pada Erosi Tanah, Longsor, Banjir, Polusi Udara dan Efek Rumah Kaca
Sebelumnya: Pengertian Industri Bisnis : Serba-Serbi Industri Bisnis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar