Perlombaan Karya Tulis Ilmiah Universitas Terbuka


Beberapa waktu yang lalu, diadakan lomba karya tulis ilmiah Universitas Terbuka. Perlombaan karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk melihat potensi mahasiswa yang berbakat dalam dunia menulis.

Dalam perlombaan karya tulis Universitas Terbuka, tema yang diambil berkaitan dengan dunia politik, seperti makna demokrasi di lingkungan masyarakat. Tema politik sengaja dipilih oleh para dosen, sebagai upaya meninjau perhatian mahasiswa atas kondisi bangsa dan negara.

Pengertian Karya Tulis Ilmiah

Karya tulis ilmiah merupakan laporan dalam bentuk tertulis yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah. Pengertian lain dari karya tulis ilmiah adalah tulisan yang dibuat berdasarkan pengamatan. Baik pengamatan di lapangan ataupun di laboraturium.

Penulisan karya tulis ilmiah dibagi menjadi dua pilihan. Pertama, karya tulis ilmiah adalah laporan berbentuk tulisan yang berasal dari hasil penelitian. Kedua, karya tulis ilmiah dari hasil peninjauan ilmiah. Kedua jenis penulisan tersebut memang berbeda. Namun pada dasarnya, ada persamaan di antara kedua jenis karya tulis ilmiah tersebut.

Pertama, topik yang dibahas berkutat pada ilmu pengetahuan. Kedua, tulisan karya ilmiah berisikan fakta-fakta sesuai dengan kebenaran ilmiah. Ketiga, tata cara penulisannya berdasarkan dengan penerapan metode ilmiah. Keempat, dilihat dari tampilan fisiknya sama dengan tata cara penulisan pada umumnya.

Jenis Karya Tulis Ilmiah

Sebagian besar orang mungkin beranggapan bahwa semua karya tulis ilmiah sama. Padahal dalam kenyataannya, karya tulis ilmiah dibagi ke dalam beberapa jenis. Adapun jenis-jenis karya tulis ilmiah adalah sebagai berikut.

1. Laporan Praktikum

Laporan praktikum adalah salah satu bentuk karya tulis ilmiah yanhg dihasilkan dari serangkaian tahap praktikum. Dalam menulis laporan praktikum, kronologis kejadian sangatlah penting. Untuk itu, sang penulis harus bisa menyampaikan hasil laporan tersebut secara sistematis. Dengan demikian, pembaca bisa dengan mudah memahami isi laporan tersebut.

2. Makalah

Makalah merupakan rumusan pemikiran yang melalui proses pengkajian sederhana. Baik dari pemikiran tokoh, sebuah referensi bacaan, atau hasil pemikiran para ilmuwan. Jenis karya ilmiah yang satu ini biasanya diberikan sebagai tugas semasa sekolah. Baik ketika Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, bahkan sampai tingkat Perguruan Tinggi.

Tujuan dari bentuk penulisan ini adalah mengasah kemampuan intelektual peserta didik. Selain itu, menambah wawasan dam pengetahuan peserta didik.

Selanjutnya : Perilaku Konsumen Berdasarkan Hukum Gossen
Sebelumnya: Peristiwa yang Terjadi Waktu Kelahiran Nabi Muhammad
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar