Kata Baku dan Tidak Baku Makna


Pembahasan kata baku dan tidak baku maknadapat dimulai dari peran bahasa dalam kehidupan manusia. bahasa memang tak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia. bahasa digunakan manusia saat berinteraksi dengan manusia yang lain yang berfungsi sebagai pengantar untuk menyampaikan pesan.

Kata Baku dan Tidak Baku

Pengertian dari kata baku adalah kata yang berada pada ragam bahasa pokok. Kata baku ini dijadikan sebagai ukuran yang standar. Penggunaan kata baku memang diperuntukan untuk beberapa kebutuhan tertentu. Misalnya untuk komunikasi resmi dalam hal surat menyurat resmi, laporan teknis, pembicaraan di depan publik atau khayalak umum dan juga pembicaraan dengan orang yang dianggap dihargai oleh yang berbicara.

Kata baku ini telah diatur di dalam bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah yang ada. Atau bahkan telah menjadi standar dalam penulisan Ejaan Yang Disempurnaan atau EYD.
Sedangkan makna kata tidak baku adalah di luar dari kategori makna kata baku ini. sehingga dapat diartikan sebagai kata yang berada di luar kata yang menjadi standar.

Penggunaan kata tidak baku ini lebih banyak dipengaruhi oleh pemakaian langsung di dalam kehidupan sehari-hari. Atau dapat juga dipengaruhi olehkata dalam bahasa daerah.

Saat ini, penggunaan bahasa tidak baku lebih banyak digunakan dibandingkan dengan penggunaan bahasa baku. Karena bahasa tidak baku dianggap lebih ringan dan mudah untuk diucapkan dibandingkan dengan pemakaian bahasa baku yang dianggap lebih kaku di dalam penggunaan kesehariannya.

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan bahasa baku dan juga padanan katanya di dalam bahasa tidak baku.

1. Anak itu cantik sekali (baku) – anak itu cantik banget (tidak baku)
2. Menulis memang tidak mudah (baku) – menulis memang enggak gampang (tidak baku)
3. Bagaimana kabarmu selama ini (baku) – gimana kabarmu selama ini (tidak baku)

Selain dalam kalimat, kita akan melihat bagaimana kata baku dan tidak baku dari sebuah kata, contohnya adalah: nasihat (baku) – nasehat ( tidak baku), sistem (baku) – sistim (tidak baku), apotik (baku) – apotek ( tidak baku). Itulah pembahasan bagaimana kata baku dan tidak baku makna dan contohnya.

Selanjutnya : Mengetahui Masalah pada TV dengan Melihat Kerusakan Televisi dari Gambar
Sebelumnya: Contoh Khutbah dengan Variasi Bahasa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar