Menggali Pesan Kata Bijak Alkitab


Bagi umat Kristen, Alkitab menjadi pedoman hidup dan akan sangat baik jika Alkitab selalu dibaca, dimengerti, dan direnungi maknanya. Banyak kata bijak Alkitab yang memberikan pesan positif dan memotivasi bagi kehidupan. Sebagai sabda Allah yang ditulis untuk keselamatan, Alkitab dapat dijadikan doa dalam kehidupan sehari-hari, yaitu untuk lebih yakin dan memupuk hubungan dengan Allah. 

Banyak cara untuk menggali makna dan pesan dari kata bijak, di antaranya melalui hati untuk karya Roh Kudus. Kita hanya perlu senantiasa mendengarkan Allah melalui sabda-Nya dan memohon penerangan agar dimengerti dan kekuatan agar dapat melaksanakan segala tindakan yang baik.

Selain itu, ada baiknya dicari arti yang dimaksudkan oleh pengarang. Caranya dengan menyalin teks tersebut. Kemudian, teks dibaca secara berulang-ulang, hingga mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan di mana dan kapan terjadi? Siapa tokoh-tokohnya? Apa yang dikatakan serta dilakukan oleh masing-masing? Bagaimana interaksi terjadi antara para tokoh itu? Ada perubahan atau perkembangan apa? Apa pokok pesan dari teks?

Dalam kata bijak tersebut juga banyak terkandung pesan iman, pesan kasih, dan pesan harapan. Pesan iman tujuannya agar semakin mengenal Kristus. Pesan kasih maksudnya cara umat Kristen memahami makna dan tujuan hidup di dalam kasih Allah. Kata bijak dalam Alkitab merupakan cermin untuk melihat diri sendiri agar lebih mengerti tentang hidup.

Sementara itu, pesan harapan merupakan pesan yang berorientasi jauh ke masa depan agar kita mampu melihat tujuan sejarah dan tujuan hidup. Kita tidak hanya berpikir pendek dengan hanya memikirkan kehidupan hari ini, tetapi menjangkau tujuan pada akhir hidup kelak. Dengan demikian, kita akan terus berupaya bekerja keras dan berdoa serta melakukan kebaikan di dunia ini.

Berikut ini beberapa contoh kata bijak dalam Alkitab.

alkitab

Alkitab sudah menjadi pedoman yang perlu dijadikan keyakinan dalam menjalankan kehidupan. Aturan yang ada di dalamnya perlu kita pahami dengan baik agar kehidupan kita sejahtera dan selalu merasa tenang. Alkitab juga membantu kita dalam berusaha dan menerapkan kebajikan dalam kehidupan.

Demikian pesan-pesan yang dapat digali dari kata bijak Alkitab. Semoga dapat memotivasi dan menginspirasi Anda.

Selanjutnya : Cara Main Catur
Sebelumnya: Tanda Sudah Bertemu dengan Belahan Jiwa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar