Kata Bijak Cinta Tanah Air Indonesia

Kata bijak cinta tanah air ditujukan agar kita senantiasa merasa bangga dan merasa memiliki tanah air, yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Waktu zaman penjajahan dulu, rasa cinta tanah air diwujudkan dengan perjuangan untuk meraih kemerdekaan. Para pahlawan tidak rela jika Indonesia diinjak-injak kaum penjajah. Mereka tidak mau negerinya dirampas, diperas, dan dijajah. Mereka rela mengorbankan nyawa untuk membela tanah air.

Rasa cinta kepada tanah air tumbuh pada hati sanubari untuk mengabdi, membela, melindungi, dan memelihara tanah air dari segala rongrongan, ancaman, dan gangguan. Dengan mencintai tanah air, kita akan merasa bangga, memiliki, menghargai, dan merasa menghormati negara. Hal itu tecermin dari sikap dan perilaku menjaga dan melindungi tanah air, sikap rela berkorban untuk kepentingan bangsa, mencintai adat dan budaya, serta melestarikan lingkungan.

Di era kemerdekaan ini, cinta kepada tanah air diaplikasikan dengan cara yang berbeda dengan saat masa penjajahan. Misalnya, cara menunjukkan cinta pada tanah air dengan berprestasi di bidangnya masing-masing, menjaga kelestarian lingkungan, membayar pajak, berbakti pada orangtua, dan sebagainya.

Pelaksanaan pembangunan oleh pemerintah merupakan salah satu cara mengisi kemerdekaan. Sebagai rasa cinta tanah air, kita wajib turut serta dan mendukung pelaksanaan pembangunan melalui kegiatan di bidangnya masing-masing. Dengan demikian, pembangunan nasional adalah wujud dari cinta kepada tanah air.

Kata-kata bijak terkait dengan cinta kepada tanah air diharapkan dapat memberi semangat kebangsaan. Pasalnya, semangat cinta kepada tanah air harus terus dibina dan dipelihara. Cinta kepada tanah air sangat bermanfaat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Berikut ini contoh kata-kata bijak terkait dengan cinta kepada tanah air.

”Aku bangga menjadi orang Indonesia”

”Prestasi sebuah bukti cinta pada tanah air”

”Akan kugapai cita-cita setinggi langit demi cinta pada tanah airku”

”Sekali merdeka, tetap merdeka!”

”Merdeka atau mati”

”Satu tanah air, satu bangsa, satu tekad tetap merdeka”

”Cinta tanah air adalah cinta terhadap bangsa dan negara”.

”Dalam cinta tanah air ada nilai-nilai kepahlawanan: rela berkorban untuk bangsa dan negara”.

”Cinta akan tanah air tidak cukup hanya diucapkan, tetapi harus dibuktikan dengan darma bakti yang nyata”.

Itulah beberapa contoh kata bijak cinta tanah air yang sering didengung-dengungkan. Semoga memberi inspirasi, terutama kepada para generasi penerus yang akan melanjutkan estafet pembangunan di segala bidang.

Loading...
Selanjutnya : Tayangan Yang Memuat Cerita Misteri Gunung Berapi
Sebelumnya: Cara Main Catur
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar