Contoh Kata dalam Bahasa Indonesia yang Mengalami Pergeseran Makna


Bahasa adalah alat yang sangat penting sebagai sarana komunikasi antara manusia yang satu dan yang lainnya. Dalam bahasa Indonesia ada yang disebut pergeseran makna. Apa saja contoh kata dalam bahasa Indonesia yang mengalami pergeseran makna dan bagaimana hal itu bisa terjadi?

Pengertian Pergeseran Makna dalam Bahasa Indonesia

Bahasa tidak hanya digunakan pada suku dan negara yang sama. Oleh karena itu, dalam perkembangannya, ada bahasa yang mengalami perubahan makna. Dalam bidang linguistik, pergeseran makna tersebut masuk ke lingkup sistematik. Maksudnya adalah wacana yang dibuat khusus dalam mempelajari makna kata-kata.

Perubahan makna kata bisa berbentuk pemekaran atau pergeseran dari arti kosakatanya. Perubahan kata disesuaikan dengan perkembangan zaman serta pengguna bahasa tersebut. Dengan perkembangan ini, ada harapan bahwa bahasa akan dibawa menjadi yang lebih santun lagi.

Macam-macam Pergeseran Makna

Ada beberapa pergeseran makna yang terjadi, yakni meluas, menyempit, membaik, dan memburuk.

•    Maksud meluas adalah makna kata yang sekarang lebih luas daripada arti kata yang sudah lama.

Misalnya: “Pelayaran menuju ke Amerika dipimpin oleh Kapten Raja.” Jika dulu pelayaran dilakukan dengan kapal layar, sekarang menggunakan kapal mesin.

Contoh lainnya: “Maaf Bu, ada yang bisa saya bantu?” Arti kata ibu adalah orang tua. Ibu juga bisa dijadikan sebutan untuk wanita yang memiliki kedudukan lebih tinggi.

•    Arti menyempit adalah arti kata yang ada sekarang mengalami penyempitan jika dibandingkan dengan arti kata dulu atau sebelumnya.

Contohnya: “Saya ingin menjadi sarjana hukum.” Dahulu sarjana digunakan untuk menyebutkan orang yang berilmu. Namun, sekarang maknanya adalah orang yang lulus dari pendidikan di universitas.

•    Maksud membaik adalah arti kata yang sekarang terdengar lebih tinggi nilainya daripada kata yang lama.

Contohnya: “Anak itu sudah tunarungu sejak kecil.” Kata tunarungu pasti bernilai lebih baik daripada tuli.

•    Makna memburuk adalah perubahan arti kata yang membuat kata yang baru lebih buruk atau rendah dalam segi nilai daripada kata yang lama.

Contoh kata yang mengalami pergeseran makna adalah bini. “Pak Bos ternyata punya bini tiga.” Dalam kalimat itu kata bini lebih rendah nilainya daripada istri.

Itulah contoh kata dalam bahasa Indonesia yang mengalami pergeseran makna. Semoga artile ini bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya : Vitamin untuk Meningkatkan Berat Badan
Sebelumnya: Kerjasama ASEAN Mendirikan Pabrik di Vietnam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar