Kumpulan Kata-kata Bijak Bertema Laut


Kata-kata mutiara saat ini masih banyak dicari oleh masyarakat. Salah satu jenisnya adalah kata-kata bijak bertema laut. Kata-kata bijak tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pembaca.

Berbeda dengan kalimat biasa, kata-kata bijak akan lebih mudah diingat karena menggunakan kata-kata yang indah. Kata-kata bijak tersebut ada yang berupa kutipan dari buku, pantun, puisi, kutipan cerpen, dan lain-lain.

Jika kita memiliki pengalaman tentang laut, maka kita dapat membuat kata-kata bijak mengenai laut tersebut. Kemauan menulis sama halnya dengan kemauan untuk berpikir.

Menulis kata-kata bijak bisa jadi hal yang menyenangkan. Menulis kata-kata bijak yang terpenting adalah memiliki manfaat atau makna dibalik susunan kata yang membentuk kalimat. Makna tersebut bisa terasa di hati dan pikiran orang yang mendengarkan ataupun membacanya.

Kata-kata Bijak Bertema Laut

Kata-kata bertema laut dapat berupa puisi. Salah satu puisi yang bertemakan laut yaitu sebagai berikut.

Katakanlah kepadaku o, ombak

Jalan hidupmu sepanjang zaman

Itulah hanya kerjamu o, ombak

Membanting dirimu berzaman-zaman

……..
Karya: Amir Hamzah

Puisi tersebut memang tidak secara eksplisit menyebutkan kata laut, tapi ada kata-kata yang berhubungan dengan laut, yaitu kata ”ombak”. Selain puisi tersebut, ada juga peribahasa Roma yang bertemakan laut.

Peribahasa tersebut berbunyi, ”Uang adalah seperti air laut, semakin banyak Anda meminumnya semakin Anda menjadi haus.” Peribahasa tersebut mengandung arti yang cukup mudah untuk dipahami.

Kita sebagai manusia kadang tidak pernah puas dengan banyaknya uang yang diperoleh. Misalnya, kemarin kita bisa hidup dengan uang sepuluh ribu, tapi hari ini kita mendapatkan uang dua puluh ribu, tetap habis juga.

Berikut kalimat mutiara bertema laut lainnya adalah sebagai berikut.

Laut seperti hati manusia, kadang tenang, dan kadang berombak.
Manusia tak ubahnya gelembung buih di lautan.
Siapa menginginkan mutiara harus berani terjun di lautan (Soekarno)
Jangan tertipu dengan indahnya lautan, manusia tetap bukan ikan.
”…. Satu sekoci, satu samudera, dan satu Tuhan.” (Life of Pi)

Kata-kata bijak bertema laut itu dapat kita resapi maknanya dengan baik. Kalimat bijak tersebut tidak akan berarti jika kita sulit memahaminya. Kita perlu memahami makna tersebut dengan memahami kehidupan yang dijalani oleh manusia.

Selanjutnya : Persamaan Akuntasi
Sebelumnya: Laut Ingresi Terletak di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar