Kata-Kata Bijak Pandangan Islam tentang Hidup Manusia


Banyak kata-kata bijak pandangan Islam tentang hidup manusia. Pada prinsipnya, Islam memandang manusia sebagai khalifah di muka bumi. Manusia diciptakan hanya untuk beribadah kepada Allah Swt. Selain itu, tujuan manusia hidup di bumi adalah untuk memperoleh kesenangan di dunia dan mendapatkan ketenangan di akhirat. Tujuan manusia tersebut dapat diraih dengan keyakinan dan keimanan yang kuat. 

Tugas yang diemban manusia sebagai khalifah diawali pada saat akil baligh hingga akhir hayat saat dipanggil Allah Swt. Jadi, apabila manusia memahami dan menjalankan fungsinya sebagai khalifatullah, takkan ada yang membuat penyimpangan yang terjadi di bumi ini.

Oleh karena itu, kata-kata bijak Islam terkait dengan kehidupan manusia tidak akan lepas dari tugas sebagai khalifah, yakni untuk beribadah kepada Allah. Kata-kata bijak tersebut akan lebih mengingatkan manusia untuk tidak lalai menjalankan fungsinya dan manusia tidak melupakan tujuan hidup yang sesungguhnya.

Setiap detik yang dimiliki manusia harus diarahkan untuk beribadah. Ada dua jenis ibadah menurut pandangan Islam. Pertama ibadah mahdhah, yaitu ibadah langsung seperti salat, puasa, mengeluarkan zakat, dan naik haji.

Kedua ibadah ghairu mahdhah, yakni ibadah tidak langsung atau semua aktivitas ibadah di luar ibadah mahdhah, contohnya bekerja, menuntut ilmu, memasak, makan, dan lain-lain. Segala aktivitas yang dilakukan oleh manusia harus didasarkan karena ibadah dan menginginkan keridaan-Nya. Selain itu, jika aktivitas kita dilakukan karena ibadah maka proses aktivitas pun akan selalu dimudahkan oleh Allah Swt.

Tujuan dari ibadah yang dilakukan oleh manusia adalah untuk meraih kesenangan di dunia dan mendapatkan ketenangan di akhirat. Oleh karena itu, sebagai khalifatullah, manusia harus menyadari bahwa kenikmatan saat ini yaitu kenikmatan yang diberikan oleh Allah Swt. Harus selalu disyukuri. Cara mensyukurinya adalah dengan beribadah kepada Allah.

Berikut ini beberapa kata bijak pandangan Islam mengenai kehidupan.
Kata Bijak pandangan Islam
Demikian uraian singkat dan contoh kata-kata bijak pandangan Islam tentang hidup manusia. Semoga kita bisa memahami dan menarik pelajaran dan mengambil hikmahnya.

Tujuannya adalah agar manusia senantiasa tidak melalaikan kewajiban untuk beribadah.

Selanjutnya : Pesan Cerita Film Garuda di Dadaku
Sebelumnya: Membuat Cerita Fiksi Pendek
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar