Arti dari Kata- Kata Geografi

Kata- kata geografiadalah kata atau istilah yang digunakan dalam bidang ilmu geografi. Kata Geografi berasal dari Bahasa Yunani, geo yang berarti bumi dan graphein yang berarti menjelaskan atau menulis. Adapun secara istilah, geografi ialah sebuah ilmu  yang mempelajari  tentang permukaan bumi, iklim yang terjadi, penduduk, flora dan  fauna,maupun segala sesuatu yang dihasilkan oleh bumi.

Sebagaimana ilmu lainnya, geografi mempunyai istilah-istilah khusus yang terkait dengan ilmu tersebut. Beberapa kata tersebut sebenarnya telah sering kita dengarkan. Kata-kata tersebut diantaranya ialah sebagai berikut.

  1. Geologi. Ilmu yang mempelajari  segala hal tentang bumi. Baik itu berupa kejadian, komposisi, struktur, sejarah, maupun  proses perkembangan bumi dari waktu ke waktu.
  2. Geofisika. Ilmu yang mempelajari tentang sifat-sifat alami bumi beserta gejala-gejalanya dengan menggunakan metode teknik fisika. Contohnya mengukur tingkat panas bumi,  gempa bumi, magnetisme, dan sebagainya.
  3. Astronomi. Ilmu yang mempelajari keadaan maupun posisi benda-benda langit yang ada di luar atmosfer bumi. Misalnya, matahari, bulan, bintang, dan planet-planet lainnya. Ilmu ini disebut juga ilmu perbintangan atau ilmu falak.
  4. Meteorologi. Ilmu yang mempelajari ciri-ciri fisika serta atmosfer (biasanya bertujuan untuk meramalkan cuaca yang akan terjadi). Misalnya,ramalan cuaca, suhu udara, arah angin, dan sebagainya.
  5. Topografi. Ilmu yang menguraikan atau mengkaji secara teperinci akan kondisi permukaan bumi di suatu daerah tertentu. Misalnya, relief, posisi sungai, pantai, danau, dan sebagainya.
  6. Evaporasi. Ialah suatu proses penguapan di bumi yang berasal dari proses penguapan air laut. Sedang dalam bidang kimia ialah proses perubahan dari zat cair menjadi gas atau uap air atau dikenal dengan istilah penguapan.
  7. Transpirasi. Ialah proses pelenyapan, pelepasan, atau penguapan  air dari permukaan daun tumbuhan baik itu melalui proses bio kimia maupun non kimia. Melalui bagian daun, terutama stomata atau mulut daun.
  8. Intersepsi. Ialah curah hujan yang tertahan karena lebatnya hutan, sehingga air tidak sampai ke tanah. Air hujan ditahan oleh daun-daunan, batang pohon, ranting, belukar, maupun tanaman yang ada di hutan tersebut lainnya.

Kata- kata geografimemang sangat banyak dan beragam. Untuk dapat mengetahui lebih banyak, maka ada baiknya mempelajariilmu geografi lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Bagaimana Langkah Awal Mengedit Menggunakan Adobe Potoshop 70?
Sebelumnya: Adat Unik di Minahasa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...