Kata-kata Indah Buat Orang Lain


Kata-kata indah buat orang lain itu akan membuat orang lain merasa senang. Walaupun rasanya tidak mungkin untuk selalu mengucapkan kata-kata indah karena ada ego yang membuat kata-kata yang tak berkenan pun meluncur deras. Pada saat seperti ini, kata maaf dari hati yang terdalam akan menjadi kata indah yang membuat emosi pun leleh.

Kata yang Tak Menyakiti Jiwa

Orang yang paling mungkin tersakiti adalah orang yang paling dekat. Orang yang dikatakan dicintai dengan sepenuh hati, malah akan merasakan tajamnya lidah. Untuk itu, menterjemahkan cinta itu hendaknya bukan untuk saling memiliki seutuhnya. Sebaliknya, cinta itu membebaskan untuk menemukan konsep jati diri yang sesungguhnya.

Ketika jati diri itu telah ditemukan, maka cinta akan semakin berkembang. Tidak ada seorang pun yang bisa menemukan apa yang diinginkannya tanpa melibatkan orang yang ia sayangi. Ia tak akan mau hidup sendiri. Iamau melewatkan hari-harinya bersama dengan orang-orang yang sayang padanya dan ia pun menyayangi mereka. Apa kata-kata tepat untuk mengatasi keadaan tertekan pada saat proses menemukan jati diri ini.

Apakah cukup mengatakan, “Biarkan aku sendiri.” Kata-kata ini malah akan menyakitkan. Akan lebih baik ketika kebersamaan telah disepakati, kata-kata yang lebih lembut adalah “Kita akan lalui masa-masa sulit ini bersama.” Jangan tinggalkan orang yang disayangi sedetik pun. Kematian bisa datang kapan pun. Tidak ada yang tahu sampai kapan masa menemukan jati diri itu berakhir.

Kata Penuh Dukungan

Masalah orang lain itu terkadang tidak menggangu kehidupan orang lain. Untuk itu, tidak usah dibahas terlalu dalam. Tidak ada yang tahu apa yang sebenarnya terjadi. Jadi, kalau ada teman yang sedang bermasalah, lebih baik mendukungnya dengan kata-kata “Aku yakin kamu tahu solusinya.” Tak perlu bertanya lebih jauh kalau ia tidak ingin membicarakannya.

Kata-kata menyejukan itu akan membuat teman merasa diberi kepercayaan bahwa masalahnya akan selesai. Kalau ada kata yang menyalahkan, kata-kata ini malah akan membuat beban mental semakin berat.

Kata penuh kasih sayang dan tanpa ada maksud yang tersembunyi, benar-benar kata tulus dari dalam hati terdalam, akan memberikan kekuatan. Untuk itu, berusaha mengucapkan kata-kata indah buat orang lain, hendaknya menjadi kebiasaan.

Selanjutnya : Gagasan Pokok pada Resensi Buku
Sebelumnya: Bentuk Negara dan Pemerintahan India
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar