Contoh Kata-kata Mengandung Fitnah


Semua orang yang ada di dunia ini pastilah tidak ada yang senang jika mendengar kata-kata mengandung fitnah. Karena fitnah adalah senjata yang paling menakutkan yang dimiliki oleh manusia. Fitnah memang tidak berbentuk, sehingga ia tidak dapat dilihat. Namun keberadaannya dapat dirasakan serta dampaknya dapat menyebabkan terbunuhnya seseorang.

Fitnah

Memfitnah adalah suatu perbuatan melakukan kezaliman dengan kata-kata dan tuduhan yang tidak pernah dilakukan si tertuduh. Sebuah riwayat mengatakan bahwa memfitnah lebih kejam dari membunuh. Mengapa? Karena tanpa dibunuh pun, sang korban fitnah telah terbunuh secara psikis dan karakter.

Jika fitnah tersebut melibatkan banyak pihak maka semakin banyak pula orang yang memusuhi korban. Dan jika tuduhan yang dialamatkan kepada korban adalah tuduhan serius maka bukan tidak mungkin keselamatan dan nyawa korban tersebut menjadi terancam.

Menghindari Fitnah

Jika sedemikian mengerikannya dampak dari fitnah, maka bagaimanakah cara menanggulanginya? Ada beberapa cara untuk menangkal serangan fitnah. Tentu saja semuanya bergantung pada mental dan besar kecil masalah yang dihadapi.

Yang pertama, akan lebih mudah bagi tertuduh membersihkan namanya ketika fitnah yang dilancarkan masih dalam taraf kecil. Untuk itu, memiliki pergaulan yang luas serta orang-orang yang dapat dipercaya adalah modal untuk membereskan perkara dari tuduhan fitnah. Dengan pergaulan luas serta telah dikenal baik oleh orang-orang baik pula, tentu akan sulut bagi para tukang fitnah untuk mencari celah memfitnah Anda di hadapan orang-orang yang memang mempercayai Anda dari awal.

Jikalau pun ada beberapa yang terperangkap dan menjauhi Anda maka dengan bantuan orang-orang kepercayaan Anda, semua itu dapat segera diluruskan selama masalah yang dihadapi belum membesar. Dalam hal ini self awareness sangat dibutuhkan.

Yang kedua adalah meminta bantuan hukum. Jika fitnah yag dilancarkan sudah sangat-sangat mengganggu Anda, keluarga, kehidupan bahkan mata pencarian Anda, tak usah ragu untuk melaporkan tuduhan tersebut ke kantor polisi. Di Indonesia ada Undang-undang yang mengatur tentang pencemaran nama baik dan tindakan tidak menyenangkan.

Jika memang orang yang memfitnah Anda tidak bisa membuktikan ucapan yang dituduhkan kepada Anda, pihak berwajib berkuasa untuk menggiringnya ke dalam penjara ataupun denda berupa materi. Untuk mendapat keterangan yang lebih jelas, sebaiknya berkonsultasi dengan pengacara atau ahli hukum yang dapat Anda percayai.

Demikianlah efek dari kata-kata mengandung fitnah serta bagaimana cara mengatasi tuduhan tersebut. Menjadi korban fitnah memang merugikan, sehingga sangat baik dan bijak jika kiranya kita dapat menghindari perbuatan-perbuatan yang dapat menimbulkan fitnah.

Selanjutnya : Tubuh Gemuk Jadi Kurus dengan Cara yang Benar
Sebelumnya: Mengenal Lebih Jauh Gejala Pinggang Belakang sakit
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar