Kata-Kata Mutiara Kakak dan Adik untuk Menjadi Orang Baik


Hidup bersaudara seperti kakak dan adik membutuhkan motivasi satu sama lain supaya menjadi sukses dan lebih baik. Meskipun motivasi terbesar tentunya motivasi yang datang dari diri sendiri. Salah satu motivasi tersebut dapat muncul melalui kata-kata mutiara, baik dari sumber buku atau pun dari ucapan seseorang. Kata-kata mutiara kakak dan adik untuk menjadi orang baik harus selalu diingat dan saling menasehati. 

Ada satu kata mutiara yang berhubungan dengan kebaikan dan menyuruh seseorang untuk menjadi orang baik. Kata tersebut adalah “Memang baik menjadi orang penting, tapi jauh lebih penting untuk menjadi orang baik”. Mungkin bagi sebagian orang atau Anda pernah mendengar atau membaca kata mutiara tersebut.

Kata mutiara tersebut memiliki makna tersirat bahwa banyak orang yang ingin menjadikan dirinya sebagai orang penting. Diidam-idamkan oleh orang lain, dicari, dan dibutuhkan oleh orang lain, sehingga dia merasa keberadaannya di mana pun sangat penting dan menjadi suatu kehormatan bagi orang lain apabila bertemu dengannya. Menjadi orang penting tersebut bisa dalam wujud seorang pejabat, artis, negarawan, dan lain sebagainya.

Yang harus kita ingat dan perhatikan adalah bahwa yang menjadikan kita itu penting apakah diri kita sendiri atau orang lain. Kalau kita sendiri yang menyatakan bahwa kita itu penting, berarti harus intropeksi diri dulu karena belum tentu orang lain menganggap kita penting.

Hal itu juga yang terkadang menyalahgunakan “kepentingan” tersebut hanya untuk kepuasan dirinya. Akan tetapi, lain halnya apabila kita itu penting berdasarkan pendapat ataupun opini dari orang lain. Berarti kehadiran kita betul-betul dibutuhkan dalam suatu lingkungan atau komunitas tersebut.

Makna kedua dari kata mutiara tersebut adalah bahwa kenyataannya menjadi orang penting itu adalah bukan tujuan utama. Ada yang lebih penting lagi untuk dijadikan tujuan utamanya, yaitu menjadi orang baik. Kalau tujuan kita menjadi orang baik, maka di lingkungan mana pun kita akan selalu berusaha menjadi orang baik.

Dengan kata lain belum tentu orang penting itu baik, tapi orang baik jelas akan banyak yang mencari. Demikian kata-kata mutiara kakak dan adik ini, semoga dapat dijadikan panutan bagi kita semua.

Selanjutnya : Hukum Nikah Muda dalam Pandangan Islam
Sebelumnya: Aplikasi Ilmu dari Manfaat Baca Al Quran
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar