Kata-Kata Mutiara untuk Seorang Kakak yang Baru Melahirkan Anak


Artikel kali ini adalah tentang “Kata-kata Mutiara Untuk Seorang Kakak yang Baru Melahirkan Anak”. Artikel ini perlu ditulis karena sebagai pengingat para orang tua akan kehadiran anak. Begitu pun dengan kakak saya yang baru melahirkan. Selain ucapan selamat dan sedikit kado, saya menyempatkan memberikan kata-kata mutiara kepadanya yang saya ambil dari suatu hadits. Bunyi hadits tersebut adalah sebagai berikut. 

rassul 2

Makna dari hadits tersebut ada, yaitu secara implisit hadits tersebut menyatakan bahwa setiap anak yang lahir akan mengikuti agama orang tuanya. Kalau orang tuanya Nasrani, pasti anaknya Nasrani. Kalau orang tuanya Yahudi, anaknya pasti Yahudi. Kalau orang tuanya Majusi, anaknya pasti Majusi. Kalau orang tuanya muslim, maka anaknya pun pasti akan menjadi muslim. Kalau pun ada kejadian kalau anak tersebut sudah besar akan pindah agama, itu persoalan yang lain.

Dari hadits itu pula, sebenarnya kita patut bersyukur bahwa kita dilahirkan dari orang tua yang seagama atau sama keyakinannya. Jadi, tidak usah marah dan tersinggung ketika ada orang yang mengatakan Islam kita adalah Islam KTP. Akan tetapi, yang perlu diperhatikan lagi adalah bahwa setelah kita menyadari kita sebagai Islam KTP (baca: keturunan), maka kita harus mempelajari dan mendalami ajaran agama Islam dengan baik dan kaffah.

Makna lain dari hadits tersebut adalah berkaitan dengan pendidikan yang akan diterima anak kelak. Tidak ada anak yang bodoh, tidak ada anak yang nakal, tidak ada anak bandel, dan kata-kata negatif lainnya terhadap anak. Yang ada adalah bahwa semua anak melakukannya karena ketidaktahuannya dan dari rasa keingintahuannya yang tinggi.

Tugas orang tua adalah membimbing dan mengarahkan anak ke arah yang lebih baik.
Potensi mereka akan berkembang dengan pesat. Itulah saat-saat anak mengembangkan segala potensi dirinya. Begitu pun terhadap lingkungan, lingkungan anak akan sangat memengaruhi terhadap pola pikir dan perkembangan anak kelak. Dengan demikian berikanlah/ciptakanlah lingkungan yang terbaik untuk anak kita. Kalau pun tidak bisa, berikanlah pengertian dan arahan kepada anak tentang lingkungan yang kurang kondusif tersebut.

Itulah akhir dari kesimpulan tentang kata-kata mutiara untuk seorang kakak yang baru melahirkan anak. Kata-kata mutiara sangat penting untuk memotivasi seseorang, terutama bagi orang terdekat kita.

Selanjutnya : Menjaga Kelestarian Perkebunan Albasiah di Indonesia
Sebelumnya: Bagaimana Cara Sign Up Myspace?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar