Kata-kata Nasehat dari Seorang Sahabat


Kata-kata nasehat dari seorang sahabat bisa kita jadikan sebagai semangat dan motivasi untuk maju. Kita bisa banyak belajar dari pengalaman orang lain, termasuk dari sahabat. Sahabat adalah orang yang paling dekat dengan kita.

Ada pepatah yang mengatakan jika hubungan persahabatan itu bisa melebihi hubungan keluarga. Mayoritas di antara kita merasa lebih nyaman dan terbuka dengan sahabat daripada dengan keluarga sendiri. Hal itu disebabkan bukan karena keluarga tidak peduli dengan kita tetapi ikatan emosional dengan sahabat yang lebih kuat.

Hidup tanpa kehadiran seorang sahabat itu akan terasa hambar. Ibarat makan tiada bergaram, tidak ada rasa dan tidak nikmat, bisa tergambarkan jika kita tidak memiliki sahabat. Satu hal yang perlu kita ingat bahwa, sahabat adalah orang yang paling mengerti kita, dan bersama sahabat kita bisa saling berbagi apa saja tanpa perlu ada yang harus ditutup-tutupi.

Nasehat dari Sahabat

Ada banyak orang yang bisa kita jadikan sebagai tempat untuk meminta nasehat. Nasehat yang diberikan pun juga bukan dalam bentuk kata-kata saja, tetapi jauh dari itu. Berdasarkan pengalaman hidup seorang sahabat kita bisa menjadikannya sebagai “nasehat” yang sangat berharga. Dengan kata lain keterpurukan yang dialami oleh sahabat bisa kita jadikan sebagai guru yang mampu menasehati kita.

Tidak selamanya kita meminta nasehat itu dengan orang tua, guru di sekolah, atau orang-orang yang dianggap mengerti akan “asam garam” kehidupan. Sahabat bisa kita jadikan sebagai tempat untuk meminta nasehat, apapun nasehat yang kita inginkan.

Apakah nasehat mengenai pekerjaan, pilihan hidup, sampai nasehat yang paling kecil seperti memilih barang-barang kebutuhan sehari-hari. Meminta nasehat ini kita lakukan supaya tidak salah langkah dan menyesal di kemudian hari.

Nasehat yang Membangun

Kata-kata nasehat dari seorang sahabat memang bisa kita manfaatkan untuk memotivasi diri sendiri, tetapi tidak semua nasehat itu cocok untuk kita. Sekalipun dia adalah sahabat terbaik kita, bukan tidak mungkin bisa saja memberikan nasehat yang tidak sesuai dengan kondisi atau keadaan kita saat ini. Sebaiknya kita tetap bijaksana meminta nasehat kepadanya. Seperti beberapa kata nasehat berikut.

Kata-kata atau wejangan atau nasehat yang diberikan oleh para sahabat kita tidak semuanya bisa kita gunakan. Sebaiknya Anda memikirkan kembali nasehat yang diberikan apakah relevan dengan kondisi saat ini. Jika belum mungkin bukan tidak baik, tetapi bisa digunakan untuk waktu yang akan datang.

Demikianlah ulasan singkat mengenai kata-kata nasehat dari seorang sahabat yang mampu memotivasi diri kita. Pengalaman adalah guru yang paling berharga, demikian dengan pengalaman hidup para sahabat. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Kebudayaan Menurut Antropologi
Sebelumnya: Untaian Kata-kata Bijak Islam Palestina
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar