Kata-Kata Nasehat Kehidupan Terindah Sebagai Motivasi


Dalam mengarungi kehidupan, setiap orang punya jalan dan caranya sendiri dalam melalui kehidupan tersebut. Dalam menjalaninya, setiap orang akan dihadapkan dengan manis dan pahitnya kehidupan. Baik manis atau pun pahitnya, kita membutuhkan motivasi supaya tidak terlena dan terjebak dengan yang fana ini. Milikilah kata-kata nasehat kehidupan terindah minimalnya satu yang itu dijadikan prinsip kehidupan. 

Bagaimana pun juga motivator terbaik adalah diri kita sendiri dan sejauh mana kita mau berubah dengan mendengar atau membaca kata-kata mutiara. Dengan menjadikannya sebagai prinsip kehidupan, maka kita akan selalu ingat manakala dalam keadaan jenuh atau pun malas. Kata-kata nasehat dan mutiara tentang kehidupan banyak sekali kita dapat, hanya terkadang kita tidak meresapinya dan menyadarinya.

Di antaranya kita sering mendengar dari para motivator, dari sumber buku, dan banyak juga tersedia di internet. Kalau pengalaman saya pribadi, awal saya banyak menerima kata-kata bijak tentang kehidupan adalah dari pimpinan pondok sewaktu saya belajar di pesantren.

Banyak hal yang diajarkannya melalui kata-kata bijaknya tersebut. Sebut saja di antaranya “berjasalah, tapi jangan minta jasa”. Kata bijak ini mengajarkan kita bahwa yang terutama adalah berbuat terlebih dahulu, jangan sampai kita minta jasa terlebih dahulu dari perbuatan atau aktivitas yang belum kita lakukan.

Berikutnya adalah “man jadda wajada”. Bagi Anda yang pernah menonton dan membaca novel “Negeri 5 Menara”, kata mutiara tersebut sudah tidak asing lagi. Kata mutiara arab tersebut menjadi banyak dikenal masyarakat. Arti dari kata mutiara arab tersebut adalah “barang siapa yang bersungguh-sungguh, maka ia akan mendapatnya”.

Makna yang tersirat dari kata mutiara tersebut adalah bahwa kita harus bersungguh-sungguh dalam setiap hal. Apabila kita bersungguh-sungguh, maka kita akan mendapatkan sesuatu dari yang kita kerjakan itu. Misalkan, seorang pelajar, ia sungguh-sungguh dalam belajarnya, maka hasil yang akan diperolehnya adalah nilai yang baik atau pun beasiswa. Begitu pun pekerja kantoran, apabila ia bekerja dengan sungguh-sungguh, hasil yang akan diperolehnya adalah kenaikan jabatan dan gaji yang lebih besar lagi.

Untuk itu, jadikanlah kata-kata nasehat kehidupan terindah tersebut sebagai penyemangat kita dalam mengarungi kehidupan ini. Demikian sedikit uraian mengenai manfaat nasehat kehidupan untuk memotivasi diri. Semoga bermnafaat.

Selanjutnya : Bassist Jazz Terbaik Dunia
Sebelumnya: Warna Kabel Pelistrikan Suzuki Satria 2 Tak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar