Kata-kata Perkenalan


Kata-kata perkenalan biasanya disesuaikan dengan situasi perkenalan tersebut. Kalau hanya perkenalan biasa, cukup dengan menyebutkan nama dan berjabatan tangan. Berbeda ketika perkenalan itu melalui surat. Biasanya isinya menyebutkan nama pembuat surat, posisinya, dan tujuannya untuk berkenalan. Bisa juga sebagai sarana awal untuk memperkenalkan produk baru.

Subjek pada surat pun ditulis ‘Salam Perkenalan’. Dari subjek surat ini, penerima surat pun tahu maksud pengirim surat. Tanggapan yang diberikan pun sekedar menerima salam perkenalan tersebut dengan senang hati.

Perkenalan Resmi

Ketika perkenalan tersebut dilakukan secara resmi, biasanya ada kata sambutan. Apalagi menyangkut perkenalan dengan pejabat baru. “Bapak dan Ibu sekalian, nama saya, Ali Amir. Walaupun di kantor ini saya merupakan pimpinan, saya tetap orang baru yang membutuhkan bimbingan dan arahan dari Bapak dan Ibu sekalian. Tentunya bapak dan Ibu semua, lebih hapal kondisi lapangan daripada saya. Untuk itu tolong jangan sungkan untuk memberitahu saya kalau saya salah langkah.”

Kata perkenalan seperti itu tentu saja terlihat sangat merendahkan hati. Kalau kata-kata itu datangnya dari hati yang paling dalam, maka orang yang mendengarnya pun akan merasa tersentuh. Mereka pun tidak akan segan memberikan masukan demi kepentingan bersama.

Para pemimpin yang baru ditempatkan di lokasi baru, sudah sepatutnya berkata seperti itu. Kata-kata yang sama mungkin juga bisa dipakai ketika dalam acara perkenalan sebagai tetangga baru. Dalam kata sambutan tuan rumah, ada baiknya mengucapkan, “sebagai orang baru, kami tentunya tidak tahu mana yang tepat dan mana yang kurang tepat dalam bertindak sesuai dengan adat dan kebiasaan di sini. Kami mohon masukan dan bimbingannya.”

Para tetangga baru pun menjadi cepat akrab. Perkenalan itu akan membuka persahabatan. Dengan adanya persahabatan, dunia tidak akan terasa sepi. Sahabat akan saling membantu dan tidak akan menjerumuskan satu sama lainnya. Dengan saling mendekatkan jiwa itu, masing-masing tetangga akan menjaga persatuan dan kesatuan di lingkungan rumah.

Kekompakan yang diawali oleh perkenalan yang baik ini akan menjadi langkah awal untuk hidup berdampingan walaupun mempunyai latar belakang yang berbeda. Tidak ada saling curiga sehingga kalau ada masalah, keputusan akan diambil dengan musyawarah mufakat. Jadi, cukup penting untuk bisa memberikan kata-kata perkenalan yang menyejukan hati.

Selanjutnya : Arti Mimpi Meninggal
Sebelumnya: Manfaat Olahraga Renang untuk Kesehatan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar