Kata-Kata Permintaan Maaf Islami


Sebagai orang muslim, saling memaafkan merupakan sebuah keharusan. Sekecil apa pun kesalahan yang diperbuat, kita harus langsung meminta maaf kepada orang yang telah dizolimi. Kata-kata permintaan maaf islami menjadi salah satu cara untuk meminta maaf kepada teman, saudara, atau orang-orang yang pernah kita sakiti.

Dalam agama Islam, kita tahu bahwa ada juga yang namanya pengakuan dosa. Pengakuan dosa ini dilekukan ketika kita berbuat salah kepada sesama manusia. Allah tidak akan memaafkan dosa kita kepada sesama manusia sebelum mereka saling memaafkan. Beda halnya dosa yang langsung kepada-Nya, misalkannya, tidak melaksanakan salat atau tidak melaksanakan puasa. Itu langsung hubungannya dengan Allah SWT.

Berikut beberapa contoh kata-kata permintaan maaf islami yang bisa diungkapkan untuk meminta maaf pada orang-orang yang telah kita sakiti.

“Mohon maaf lahir batin, maafkan segala kesalahanku selama ini. Semoga Tuhan memberikan berkah dan rahmat kepada kita semua.”
“Tanpa maaf darimu Tuhan tidak akan memaafkanku, aku mohon kerendahan hatimu untuk memaafkan segala kesalahanku yang telah kuperbuat selama ini.”
“Hari ini adalah hari kembali ke fitri, waktu ketika semua dosa dibersihkan. Kami sekeluarga memohon maaf atas kesalahan yang telah dilalui. Semoga mendapat berkah dan keridoan-Nya hingga kelak kita bertemu dalam surge-Nya.”
“Selamat Lebaran, maafmu akan selalu ku harapkan.”
“Kami atas nama pribadi dan keluarga, ingin menyucikan diri dengan meminta beribu maaf terhadap bapak, ibu, dan saudara dari kesalahan yang disengaja dan tidak disengaja. Semoga Anda semua bisa memaafkannya.”
“ ketika takbir berkumandang, bergema ke seluruh negeri, saat itulah beribu maaf kuucapkan kepada para saudara.”

Kata-kata permintaan maaf islami ini bisa juga kita ambil dari hadis atau peribahasa-peribahasa arab yang sering kita jumpai baik di buku-buku atau pun referensi lain. Janganlah malu untuk meminta maaf karena lebih baik mengakui dari pada menjadi cibiran orang lain. Tidak akan terhinakan orang yang meminta maaf, bahkan dia akan menjadi baik karena berani mengakui kesalahannya.

Selanjutnya : Kata-Kata Perpisahan dengan Teman
Sebelumnya: Kata-Kata Patah Hati Karena Cinta
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar