Penggunaan Kata-kata Singkatan Anak Gaul

Apa kata-kata singkatan anak gaul yang Anda ketahui?

Bahasa merupakan perantara proses komunikasi yang dilakukan oleh manusia. Dengan menggunakan tata bahasa yang baik dan benar maka Anda akan terlihat sebagai orang yang santun dan berpendidikan tinggi. Berbeda hal nya jika menggunakan kata-kata kasar, Anda akan dianggap sebagai orang yang tidak memiliki tata krama.

Loading...

Oleh karena itu penggunaan bahasa yang baik sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Namun bagaimana dengan fenomena kata-kata singkatan anak gaul?

Penggunaan Bahasa sebagai Alat Komunikasi

Bahasa merupakan alat komunikasi yang paling dasar. Dengan memgunakan bahasa, kita akan dapat berkomunikasi dengan orang yang ada disekitar. Komunikasi yang baik tentu berawal dari tata bahasa yang baik pula. Oleh karena itu ada beberapa tingkatan penggunaan bahasa yang dikenal dalam beberapa bahasa.

Bahasa Sunda contohnya, mengenal tingkatan kebahasaan. Jika Anda berbicara kepada orang yang lebih tua biasanya menggunakan bahasa Sunda tingkatan teratas (bahasa sunda yang halus), jika berbicara pada teman sebaya diperkenankan untuk menggunakan bahasa Sunda pada tingkatan menengah (bahasa Sunda loma). Selain itu pula dikenal bahasa Sunda kasar yang tidak direkomendasikan untuk digunakan.

Dalam bahasa Indonesia sendiri dikenal bahasa Indonesia baku yang dipergunakan untuk komunikasi formal, sedangkan bahasa Indonesia tidak formal biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari agar tidak terkesan kaku dan lebih bersahabat.

Seiring berkembangnya zaman, anak muda mulai memperkenalkan beberapa pelesetan bahasa Indonesia yang kemudian dikenal dengan bahasa gaul. Fenomena kata-kata singkatan anak gaul memang tidak pernah bisa lepas dari kehidupan anak muda.

Banyak kata-kata yang sebenarnya berasal dari bahasa Indonesia baku, namun disingkat atau diubah beberapa suku kata sehingga menghasilkan kata-kata modifikasi yang terlihat baru. Kata-kata ini lebih dikenal dengan istilah bahasa gaul.

Beberapa kata yang menjadi bagian dari bahasa gaul adalah sebagai berikut :

  • Otw. Merupakan singkatan dari on the way yang memiliki arti sedang dalam perjalanan. Tidak hanya orang Indonesia yang menggunakan ungkapan ini, namun orang barat pun menggunakannya sebagai bagian dari bahasa gaul mereka.
  • BRB. Be right back, ungkapan ini memiliki arti saya segera kembali.
  • OMG. Oh my God yang mengungkapkan rasa kaget akan sesuatu.
  • TTDJ. Merupakan singkatan dari hati-hati di jalan.
  • PHP. Singkatan ini sering digunakan atau ditujukan pada seseorang yang seringkali memberikan harapan palsu. PHP sendiri artinya adalah Pemberi Harapan Palsu.

Itulah beberapa kata-kata singkatan anak gaul di Indonesia Kata-kata ini memang terlihat baru dan layak digunakan pada teman sebaya. Namun jangan sampai menjadi kebiasaan dan menggunakannya dalam kegiatan formal. Semoga bermanfaat.

Kata-kata singkatan ini akan terus berubah, karena sifat bahasa sendiri adalah dinamis.

Loading...
Selanjutnya : Kelemahan Yamaha Byson yang Paling Fatal
Sebelumnya: Grosir Mukena Pasar Tanah Abang, Jakarta
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar