Kata-kata yang Berhubungan dengan Hukum Tata Negara


Bagi orang awam mengetahui kata-kata yang berhubungan dengan hukum tata negara, pastilah tidak terlalu penting untuk diketahui. Tetapi, anggapan itu ternyata salah. Ini lantaran di dalam hukum tata negara juga terdapat ketentuan yang mengatur tentang hak dan kewajiban seorang warga Negara.

Pengertian Hukum Tata Negara

Sebelum mengetahui kata-kata apa yang harus diketahui, sebaiknya mengerti tentang definisi hukum tata negara. Hukum tata negara merupakan hukum yang mengatur tentang sebuah organisasi negara, termasuk di dalamnya bentuk negara, sistem pemerintahannya, dan lembaga-lembaga yang berada di bawah tanggungjawab negara yang berhubungan dengan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, juga mengatur tentang hubungan antara pemerintah yang ada di pusat dengan yang ada di daerah, sampai hubungan antarlembaga yang turut mengatur tentang hak dan kewajiban warga negara.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa hukum tata negara, yakni peraturan yang mengikat dan mengatur tentang organisasi kekuasaan yang ada pada suatu negara, lengkap dengan segala aspek yang berhubungan atau mendukung kemajuan suatu negara.

Sebuah negara dipandang sebagai sesuatu yang selalu terikat dengan waktu, keadaan, serta tempat tertentu dan bersifat konkrit.

Fungsi Hukum di Indonesia

Dalam sebuah negara hukum memiliki fungsi yang beragam, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Hukum berfungsi direktif, artinya hukum yang mengarahkan atau memberikan arah dalam sebuah proses pembangunan yang bertujuan untuk membentuk masyarakat.
  • Hukum berfungsi integratif, artinya hukum berperan aktif dalam pembinaan dan mewujudkan kesatuan bangsa.
  • Hukum berfungsi sebagai stabilitatif, artinya hukum harus bersifat mengikat, sehingga dapat memelihara dan menjaga keselarasan, keseimbangan, serta keserasian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • Hukum bersifat perfektif, artinya hukum hadir untuk menyempurnakan proses pemerintahan, termasuk di dalamnya pemberian pelayanan yang baik kepada warga negara.
  • Hukum bersifat korektif, artinya hukum ditempatkan sebagai katalisator antara hak dan kewajiban, baik negara maupun masyarakat yang tinggal di negara tersebut. Agar keadilan sosial bisa terwujud.

Kata-kata Hukum Tata Negara

Sebenarnya ada banyak kata-kata yang berhubungan dengan hukum tata Negara, seperti beberapa istilah yang sering digunakan dalam sebuah proses hukum yang dilalui oleh seseorang, seperti hukum pidana, hukum perdata, hukum adat, hukum adminstrasi negara, hukum agraris, hukum adat, sampai hukum dagang internasional.

Namun, kurang banyaknya sosialisasi terkait istilah-istilah hukum membuat warga negera juga sering kali mengacuhkan semua persoalan terkait dengan hukum. Demikian ulasan mengenai hukum tata negara dan kata-kata yang berhubungan dengan hukum tata negara. Semoga uraian tersebut bermanfaat bagi Anda semua.

Selanjutnya : Peribahasa Tentang Perjuangan
Sebelumnya: Ayat-ayat Al-Quran Tentang Keutamaan Mencari Ilmu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar