Kata-Kata yang Cocok untuk Menjadi Syair Lagu


Musik merupakan salah satu media dalam mengekspresikan pemikiran, penuangan ide, gagasan, atau ungkapan perasaan seseorang. Terkadang dengan mendengarkan musik, apalagi musik yang slow dan melankolis, bisa membuat kita merasa rileks. Pikiran dan hati kita terasa lebih tenang, enjoy, dan lepas. Jika kita menyukai beberapa lagu dan hafal dengan syair-syairnya, kita pasti akan mendengarkan sambil menyanyikannya juga. Selain iramanya, para peminat musik biasanya tertarik pada sebuah lagu karena syair yang digunakan. Untuk itulah, seorang pencipta lagu harus bisa mencari kata-kata yang tepat untuk digunakan sebagai syair lagu. Adapun pemilihan kata-kata yang cocok untuk menjadi syair lagu juga didasarkan pada sasaran yang dituju. Apakah lagu tersebut ditujukan untuk anak-anak, remaja, atau orang dewasa, atau bahkan lagu tersebut ditujukan sebagai bentuk protes terhadap suatu keadaan.

Syair pada lagu anak-anak biasanya menggunakan kata-kata yang ringan agar anak-anak bisa cepat mencerna makna dari lagu tersebut. Atau bisa juga syair lagu tersebut bermakna ajakan yang positif untuk anak-anak. Contoh syair lagu untuk anak-anak.

Untuk remaja ataupun orang dewasa, umumnya lagu yang dipersembahkan terdiri dari bermacam-macam tema. Mulai lagu bertema cinta, cerita kehidupan, bahkan saat ini banyak sekali lagu-lagu bertemakan religi yang dalam syair-syairnya terkandung makna yang dalam bagi pendengarnya. Bahkan, lagu religi ini bisa digunakan untuk mengajak pendengarnya agar lebih mengenal tentang agama dan mengajaknya untuk berbuat baik dan menjauhi segala larangan-Nya.

Penyanyi dan grup band di Indonesia yang terkenal dan sering menyanyikan lagu bertemakan cinta ,yaitu Rossa, Afgan, Anang, Ungu, dan masih banyak lainnya. Sedangkan untuk lagu-lagu religi dari Indonesia,  penyanyi Opick-lah yang banyak membawakan lagu yang syair-syairnya penuh makna. Contoh lagu tersebut dapat kita lihat sebagai berikut.

Untuk penyanyi religi internasional, yang terkenal saat ini adalah Maher Zein. Menurut saya, lagu berjudul Thank You Allah yang dinyanyikan oleh pria berdarah Lebanon ini adalah syair yang paling menyentuh hati. Syair tersebut dapat Anda lihat pada keterangan di bawah ini.

Itulah beberapa contoh lagu yang menggunakan kata-kata yang cocok untuk menjadi syair lagu sehingga dapat memberi pengaruh positif bagi pendengarnya. Yang terpenting syair lagu yang dipilih bisa tepat sasaran agar semua yang terkandung di dalamnya bisa dimaknai dengan baik.

Selanjutnya : Kata-kata yang Terdapat dalam Kartu Undangan Pernikahan
Sebelumnya: Kata-kata untuk Sahabat Sejati
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar