Kata-kata yang Enak Didengar bikin Hati Nyaman

Kata-kata yang enak didengar pastinya lebih disukai ketimbang sebaliknya. Berbicara mengenai kata-kata, tak bisa lepas dari urusan komunikasi.

Peran kata-kata sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia bisa dibilang vital. Bayangkan jika tanpa kata-kata, bagaimana manusia bisa saling berinteraksi dengan baik.  Bagaimana sebuah pesan dapat sampai dengan baik pada yang dituju jika tak ada kata-kata?

Loading...

Selain kata-kata, juga ada simbol-simbol, gerak tubuh yang digunakan manusia sebagai bahasa untuk berkomunikasi. Jika menoleh sejarah bahasa,  sejak jaman purba, manusia sudah mengenal bahasa.

Sebelum manusia mengenal tulisan, bahasa yang digunakan pertama kali untuk berkomunikasi adalah simbol-simbol, gambar-gambar, dan gerak tubuh.

Seiring berjalannya waktu, alat berkomunikasi pun mengalami perkembangannya, dari yang awalnya hanya berupa simbol-simbol atau gerak tubuh hingga akhirnya menggunakan huruf dan angka.

Di dalam keanekaragaman bahasa manusia yang begitu kaya, manusia pun lantas mengenal kata-kata yang baik dan buruk untuk diungkapkan baik secara verbal maupun tulisan.

Setiap individu normalnya pastilah menyukai kata-kata yang baik ketimbang yang buruk. Kata-kata dapat mempengaruhi perasaan atau hati.

Jika mendengar kata-kata atau ucapan yang baik, hati  pastinya jadi senang. Sebaliknya jika mendengar kata-kata atau ucapan yang buruk, hati pun jadi tak enak. Begitulah kata-kata memiliki pengaruh psikologisnya sendiri.

Di dalam ajaran Islam, Tuhan bahkan menyuruh umat-Nya untuk mengucapkan ucapan atau kata-kata yang baik, seperti yang tercantum dalam QS. An Nissa  48:  Berikut ini beberapa contoh kata-kata yang enak didengar  yang dapat membuat hati nyaman:

  • Wah, kamu memang rajin.
  • Kamu terlihat segar.
  • Kamu baik hati.
  • Semoga kebaikan selalu menyertaimu.
  • Semoga rejeki yang baik dan halal Tuhan curahkan kepada kita.
  • Terima kasih sudah membantu.
  • Cantiknya kamu pagi ini/ Gagahnya kamu pakai kostum itu.
  • Senang sekali bertemu kamu.
  • Lupakan kesalahanmu itu, aku sudah memaafkanmu dengan ikhlas.

Jadi, selalu ujarkan kata-kata yang enak didengar agar kita dapat menjalin komunikasi dan silaturahmi dengan baik.

Loading...
Selanjutnya : Inilah Keistimewaan Taman Pintar Yogyakarta
Sebelumnya: Upaya Penanggulangan Pencemaran Air
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar