Kata Mutiara Jawa Tengah Tentang Tanggung Jawab Pribadi

Kata mutiara Jawa Tengah kebanyakan membahas tentang tanggung jawab pribadi. Maksudnya adalah betapa seseorang bertanggung jawab atas kehidupannya sendiri. Akan jadi apa dia, akan bagaimana masa depan dan kehidupannya, semua bergantung pada dirinya sendiri. Oleh karena itu, setiap orang harus melakukan yang terbaik demi dirinya sendiri.
Tanggung jawab pada diri sendiri bisa dilakukan dengan memaksimalkan potensi diri, menjaga harga diri, dan nama baik. Jalannya tentu dengan melakukan bemacam-macam perbuatan baik. Semuanya diuraikan dalam berbagai nasihat yang tertuang  pada kata-kata mutiara berikut ini.

Kata mutiara tersebut mengingatkan kita agar melakukan usaha dengan optimal sesuai dengan kemampuan kita. Jika sudah, hasilnya kita pasrahkan pada Tuhan. Hal ini tentu demi kebaikan diri kita sendiri karena walau bagaimana pun usaha sendiri tentunya menjadi hal yang paling dianjurkan. Selain untuk mengukur sejauh mana kemampuan kita, nilai positifnya adalah motivasi untuk melakukan yang terbaik. Hasilnya pasrahkan pada Tuhan.

Arti kata mutiara tersebut adalah tanggung jawab kita dalam mencari kesejahteraan hidup baik untuk kepentingan dunia maupun akhirat. Kalimat ini mengingatkan kita bahwa kaya atau miskin adalah tanggung jawab kita. Itulah sebabnya kita harus berusaha menjadi orang yang mandiri agar bisa bertanggung jawab pada diri sendiri.

Tanggung jawab pribadi berikutnya dalam kata mutiara tersebut yaitu tanggung jawab atas baik atau buruknya kehidupan kita. Hal itu tiada lain adalah buah dari perbuatan kita sendiri. Jika kita ingin menyalahkan seseorang atas kehidupan kita yang buruk, orang itu adalah diri kita sendiri. Bukan orang lain atau keluarga kita.

Kata mutiara tersebut mengingatkan kita bahwa jika selama hidup kita melakukan perbuatan baik, imbalannya adalah kebahagiaan di kehidupan selanjutnya. Itulah sebabnya berbuat baik sangatlah dianjurkan dan sangat dijunjung tinggi. Alasannya tentu karena tujuan hidup yang sesungguhnya adalah kebahagiaan hakiki yaitu kehidupan akhirat. Semua itu dapat kita persiapkan dengan selalu berusaha berbuat baik pada sesama. Demikian kata-kata mutiara Jawa Tengah tentang tanggung jawab pada diri pribadi, Semoga bermanfaat.***
Meta deskripsi:

Loading...
Selanjutnya : Larangan Percaya Kata Zodiak Aneka Yess
Sebelumnya: Memaknai Kata Mutiara Harapan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar