Susunan Kata Pengantar Buat Pidato


Pidato adalah sebuah ungkapan pemikiran dari satu orang yang disampaikan ke khalayak umum dalam sebuah kepentingan atau urusan tertentu. Di dalam sebuah pidato terdapat ide atau gagasan pemikiran yang ingin disampaikan oleh si pemberi pidato kepada semua pihak yang sedang mendengarkan pidato yang ia bawakan. Salah satu bagian utama dan berada di awal pidato adalah kata pengantar. Maka dari itu, diperlukan kata pengantar buat pidato yang mengena.

Kata Pengantar Pindato

Kata pengantar adalah kalimat di awal yang ada di dalam sebuah teks pidato. Dinamakan sebagai kata pengantar karena susunan kata ini ada di bagian awal dan akan mengantarkan pidato ke bagian isi dari pidato itu sendiri.

Keberadaan dari pidato menjadi sebuah hal yang penting. Karena kata pengantar ini menjadi bagian awal yang akan mengarahkan pendengar kepada pidato yang akan disampaikan. Selain itu, juga merupakan bagian dari sisi penghormatan yang diberikan oleh si pembaca pidato kepada semua orang yang memiliki keinginan untuk mendengarkan pidatonya.

Kata dalam Kata Pengantar Pidato

Dalam membuat kata pengantar dalam pidato memang terdapat beberapa susunan kata pengantar tersebut. Hal ini menjadi sebuah kaidah tertentu yang diikuti semua orang dalam membacakan kata pengantar pidato ini. Berikut ini adalah beberapa susunan yang ada di dalam kata pengantar pidato.

1. Salam

Salam adalah ucapan awal untuk menyapa siapa saja yang ada. Salam juga dimaksudkan untuk mengiring perhatian khalayak umum kepada satu titik yaitu si pembaca pidato. Pemilihan dalam penggunaan kata untuk salam dapat disesuaikan kepada keadaan pendegar atau pun si pembaca pidato itu sendiri.

Biasanya yang digunakan adalah kalimat salam ‘Assalamualaykum wa rohmatullahi wa barokatuh’ yang merupakan salam dan doa untuk kaum muslim. Atau dapat pula digunakan kata salam yang lain.

2. Penyebutan Orang-orang yang Menjadi Pendengar

Penyebutan ini juga dapat disertakan dengan kalimat penghormatan. Pemiilihan kalimat ini dapat disesuaikan dengan keberadaan dari pendengar pidato yang ada.

3. Ucapan Syukur

Ucapan syukur ini dilakukan atas adanya kesempatan untuk hadir dalam acara yang ada serta akan keberadaan dari pidato yang akan dilakukan.

4. Penjelasan Acara

Hal ini akan mengantarkan pada isi dari pidato. Karena pidato biasanya dibawakan atas adanya sebuah acara tertentu. Maka di dalam kata pengantar ini harusnya dijelaskan mengenai maksud dari pidato yang ada dengan kaitannya akan acara yang berlangsung.

Demikian beberapa hal di dalam kata pengantar buat pidato yang dapat digunakan. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Informasi Seputar Rumus Mencari Diagonal Bidang Pada Kubus
Sebelumnya: Penjelasan Contoh Pendahuluan pada Proposal Penelitian
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar