Menurut Islam Tanpa Kata Ucapan Ulang Tahun Sedih

Kapan hari ulang tahun Anda? Bagi kebanyakan orang, hari ulang tahun adalah momen spesial yang harus dirayakan. Namun, tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa hari kelahiran terkesan biasa dan lewat begitu saja sepanjang tahun. Biasanyaulang tahun identik dengan pesta, kue, kado, dan ucapan selamat dari orang-orang terkasih.Tapi, apakahAnda tahu hari kelahiran menurut Islam? Untuk lebih jelas, berikut uraian hari kelahiran dalam Islam dan ulang tahun tanpa ada kata ucapan ulang tahun sedih.

Hari Kelahiran Menurut Islam

Tradisi perayaan ulang tahun tidak memiliki akar sejarah dalam dunia Islam. Tradisi ini telah lama berkembang di Eropa sejak berabad-abad silam. Sebenarnya, hari kelahiran adalah hari untuk mengingat lebih jauh ke belakang. Saat dilahirkan, dalam buaian, ceria menikmati masa kecil, hingga hari itu datang kebaikan apa saja yang telah dilakukan dan dilalui di dunia. Pertanyaannya, bagaimana sikap seorang muslim menghadapi hari ulang tahun?

Ada dua kemungkinan jika hari ulang tahun dihadapi dengan perayaan dan syukuran atau semacamnya. Pertama dalam rangka ibadah dan yang kedua hanya menjalankan kebiasaan, tradisi, atau ‘have fun’.
Menyambut hari kelahiran sebagai ritualisasi rasa syukur dengan doa dan dzikir sambil makan bersama tak ada salahnya. Berdoa dan makan adalah halal. Hanya saja jika dilakukan pada hari kelahiran menjadi bid’ah dimana perayaan semacam itu terkesan ritual ibadah baru.

Berdoa untuk orangtua, keluarga, sahabat, atau teman tidak hanya dilakukan pada saat hari kelahiran mereka saja. Sebagai seorang muslim, sudah selayaknya berdoa dalam kondisi apapun setiap hari. Doa yang dipanjatkan tidak akan memutuskan tali silaturahmi diantara orang sekitar. Itu sebabnya perayaan hari ulang tahun bukan warisan Islam.

Lantas bagaimana dengan perayaan sebagai kebiasaan atau tradisi? Jika perayaan hari kelahiran tidak dalam rangka ibadah, jelas tidak diperbolehkan dalam ajaran agama Islam. Jika demikian, sikap yang Islami saat hari kelahiran adalah bersyukur atas nikmat Allah berupa kesehatan dan kehidupan, menghindari perayaan khusus, evaluasi diri yang selayaknya menjadi renungan harian bukan renungan tahunan.

Ulang Tahun Tanpa Ada Kata Ucapan Ulang Tahun Sedih

Mengucapkan selamat pada hari ulang tahun tak pernah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Jadi, bukan merupakan tuntunan bagi umat muslim. Hanya saja, manusia sebagai makhluk sosial perlu berinteraksi dengan manusia lain. Ucapan selamat saat ulang tahun tiba ibarat bentuk perhatian terhadap orang-orang sekitar.

Untuk itu, sebagai seorang muslim semestinya tak ada kata ucapan ulang tahun sedih. Justru ucapan syukur dan syukur atas semua karunia yang Allah SWT berikan. Sebaik-baiknya orang adalah yang mengisi umur dan waktunya dengan kebaikan dan bermanfaat bagi manusia lain.Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Bayi Banyak Gerak 4 Bulan dan Tips Perawatannya
Sebelumnya: Belajar Membuat Kerajinan Tangan dari Barang Bekas
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar