Keadaan Ekonomi di Indonesia pada Saat Ini


Permasalahan keadaan ekonomi di Indonesia sekarang ini masih banyak dipengaruhi oleh kondisi ekonomi global. Target  pemerintah untuk pertumbuhan ekonomi di Indonesia pada tahun 2013 sebesar 6.3 % masih mengalami kendala, bahkan pada kuartal kedua mengalami penurunan sebesar 5.9 %. Tentu saja hal ini dipengaruhi, salah satunya, oleh kondisi ekonomi secara global di beberapa Negara, khususnya Eropa. Banyaknya negara-negara mitra bangsa Indonesia yang masih belum pulih keadaan ekonominya dari keterpurukan kondisi ekonomi global menjadi penyebab masalah penurunan ekspor ke luar negeri yang kita alami. Namun, untungnya bangsa Indonesia dan beberapa negara di Asia lainnya tidak banyak mengalami dampak yang buruk akibat krisis global tersebut. Patut diacungi jempol, bangsa Indonesia dan negara-negara di Asia bisa melalui masalah ini dengan cukup baik.

Nilai tukar rupiah yang melemah terhadap dolar AS saat ini merupakan imbas dari keadaan ekonomi global yang melanda. Namun, pertumbuhan ekonomi yang melambat tidak hanya terjadi di negara kita, tetapi dirasakan juga di beberapa negara lainnya. Secara garis besar, pemerintah menyatakan bahwa perekonomian Indonesia masih bisa dikendalikan karena pengelolaannya dilaksanakan dengan baik. Untuk menghadapi permasalahan ini, Pemerintah harus berusaha dengan keras dan sungguh-sungguh agar target pertumbuhan ekonomi bisa dicapai pada akhir tahun 2013. Kita harus tetap optimis dengan target tersebut. Menurut sumber berita, Wakil Menteri Keuanga, Mahendra Siregar berpendapat bahwa untuk menghadapi situasi ini, langkah yang bisa diambil oleh Pemerintah adalah “ melakukan reformasi struktural dan perbaikan dalam kebijakan APBN yang lebih berkeadilan.”

Penurunan target pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang semula 6.2 % diturunkan menjadi 5.9 % merupakan hasil revisi dari Bank Dunia karena masih lemahnya ekspor kita serta turunnya masalah konsumsi domestik. Keadaan ekonomi di Indonesia bisa ditunjang dengan perbaikan ekonomi kerakyatan agar bisa membantu pertumbuhan ekonomi bangsa. Keadaan ekonomi rakyat kecil diperbaiki terlebih dahulu dengan jalan pemberian kredit, agar mereka bisa mengembangkan usaha kecilnya menjadi usaha yang lebih besar. Melalui pemberian kredit usaha rakyat atau biasa disebut dengan KUR memiliki bunga kredit kecil dan meniadakan pembayaran provisi. hal inilah yang bisa meringankan para debitur. Jenis kredit ini sudah dijalankan oleh pemerintah melalui Bank Pemerintah.

Selanjutnya : Ramalan Orang yang Berzodiak Aries
Sebelumnya: Siapa Orang Penemu Radio?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar